GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Engga Enak Badan atau Flu, Inilah Obat Flu Herbal Dijamin Ampuh!

Merasa tidak enak badan dan merasakan gejala flu? Jangan dulu panik dan buru-buru minum obat atau ke dokter. Obat herbal flu ini bisa digunakan dan terjamin ampuh menyembuhkan flu.

Foto ilustrasi : orang kedinginan

Obat Herbal Flu yang Ampuh

1. Madu

Madu memiliki sifat antimikroba yang mampu melawan beberapa bakteri dan virus. Seperti dilansir dari Medical News Today, riset menemukan madu efektif meredakan batuk sebagai gejala pilek pada anak usia 1 tahun ke atas.

Anda dapat mengonsumsi madu dengan meminumnya langsung atau dicampurkan dengan air hangat untuk meredakan sakit tenggorokan atau batuk. Tambahkan pula potongan lemon untuk memberikan ekstra nutrisi berupa vitamin C.

4 Penyebab Batuk Kering di Malam Hari yang Ganggu Kamu Waktu Tidur

Jangan Sampai Salah! Inilah Perbedaan Gejala Covid-19, Demamh Berdarah, Flu, dan Pilek Biasa

Tak Hanya Mengatasi Flu, Inilah Khasiat Minyak Eucalyptus untuk Kulit dan Rambut

2. Bawang putih

Bawang putih lazim digunakan sebagai bumbu masakan. Namun ternyata bumbu satu ini bisa digunakan sebagai obat flu herbal. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari selama 3 bulan mengalami lebih sedikit pilek daripada orang yang mengonsumsi plasebo.

Anda dapat mengonsumsi bawang putih segar atau bawang putih yang sudah dibakar. Jika rasa dan aromanya terlalu tajam, jadikan bawang putih sebagai bumbu utama tumis sayur dengan takaran lebih banyak.
3. Tempe

Tempe, yogurt, kimchi merupakan sederet makanan dengan kandungan probiotik. Jika Anda merasakan gejala flu, sebaiknya masukkan makanan ini ke dalam menu harian.

Probiotik adalah bakteri hidup yang mendukung kesehatan usus dan bisa membantu orang terkena pilek atau flu. Dalam sebuah riset, probiotik terbukti melindungi kekebalan tubuh terhadap virus flu.
4. Kunyit

Jamu kunyit asam atau minuman yang terbuat dari kunyit akan membantu memulihkan tubuh dari gejala flu. Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri.

Seperti dilansir dari NDTV, Anda dapat memaksimalkan fungsi kunyit dengan memadukannya dengan lada hitam. Lada hitam akan meningkatkan penyerapan kurkumin dalam darah.
5. Air jahe

Jahe banyak diandalkan dalam berbagai masalah kesehatan apalagi flu, sakit tenggorokan dan batuk. Anda cukup merebus air bersama beberapa potongan jahe yang telah dimemarkan. Kemudian, air disaring dan diminum.

ahe pun bisa ditambahkan dalam racikan sop ayam. Seperti dilansir dari NYTimes, penggunaan jahe dalam ilmu kesehatan mungkin terdengar kuno.

Namun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jahe punya sifat antiinflamasi yang membantu meredakan pembengkakan. Dengan kata lain, jahe bisa Anda gunakan sebagai obat flu herbal.(*)

Komentar0