Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, mengalami kemacetan total saat pergantian tahun dari 2022 ke 2023, pukul 00.00 WIB.

 
Foto : Suasana Jalan Asia Aprika
Ribuan kendaraan, baik roda empat maupun roda dua yang memadati jalan tersebut nyaris tak bergerak sama sekali.

Bahkan sejumlah warga pun turun ke jalan dari kendaraan untuk turut menyambut tahun 2023.

"Memang terkonsentrasi di Asia Afrika sampai alun-alun, untuk wilayah lainnya lancar," kata Wali Kota Bandung Yana Mulyana sebelum momen pergantian tahun.
 
Hingga 10 menit setelah pergantian tahun itu, pengguna jalan masih terjebak antrean, sedangkan warga yang sebelumnya memadati ruang pejalan kaki berangsur membubarkan diri.

Di samping itu, aparat mulai dari kepolisian hingga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengimbau masyarakat untuk segera membubarkan diri agar arus lalu lintas kembali normal.
 
Sekitar satu jam sebelum pergantian tahun itu, ruas Jalan Asia Afrika sempat ditutup oleh pihak kepolisian. Pasalnya kepadatan kendaraan di kawasan itu sudah mulai menyebabkan perlambatan arus.

Kendaraan yang menuju Jalan Asia Afrika dari arah timur dibelokkan ke Jalan Lengkong. Namun penutupan itu tak berlangsung lama.
 
"Memang perlu ditutup kemudian dibuka kembali untuk melancarkan arus," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung (Ant)