Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 lawan Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1).


Foto : Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam

Pada babak pertama, Timnas Indonesia memiliki lebih banyak peluang untuk mencetak gol. Dendy Sulistyawan, Marselino Ferdinan, dan Yakob Sayuri adalah nama-nama yang punya peluang emas untuk membobol gawang Vietnam.


Tetapi peluang-peluang tersebut tak ada yang berbuah menjadi gol. Tendangan Marselino dan sundulan Yakob berhasil dimentahkan oleh Dang Van Lam. Sedangkan Dendy yang punya ruang tembak terbuka malah memilih mengoper bola.


Sebaliknya, Vietnam justru tidak mampu membuat peluang emas untuk mencetak gol. Skor imbang 0-0 pun menghias akhir babak pertama.


Memasuki babak kedua, pertandingan sempat memanas ketika terjadi keributan antara kedua tim. Hal tersebut dipicu oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Doan Van Hau pada Dendy Sulistyawan.


Doan Van Hau yang melakukan pelanggaran ikut terjatuh mengerang kesakitan. Hal itu kemudian juga sempat membuat sejumlah ofisial Vietnam mendatangi lapangan.



Setelah keributan mereda, Timnas Indonesia dan Vietnam terus melakukan aksi jual beli serangan. Tetapi hingga laga memasuki menit ke-70, kedua tim masih sama-sama kesulitan mencetak gol.


Dalam kondisi kedua tim sama-sama belum mencetak gol, Shin Tae Yong belum tergerak untuk melakukan pergantian pemain. Sedangkan Vietnam sudah memasukkan dua pemain pengganti yaitu Tan Tai Ho dan Tuan Hai Pham.


Shin Tae Yong baru melakukan pergantian di menit ke-81 ketika memainkan Ricky Kambuaya menggantikan Rachmat Irianto.


Pada menit ke-82, Pratama Arhan mencoba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tetapi tendangan Arhan masih melambung jauh di atas gawang.


Di masa injury time, tembakan Yakob Sayuri mengarah ke gawang tetapi bisa dibuang keluar oleh kiper Vietnam. Shin Tae Yong lalu menurunkan Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, dan Saddil Ramdani masuk ke lapangan di menit-menit akhir.


Tak ada gol yang tercipta di laga ini. Indonesia vs Vietnam imbang 0-0.(live/ccn).


Susunan Pemain


Timnas Indonesia


Nadeo Argawinata, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rachmat Irianto (Ricky Kambuaya 81), Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan; Dendy Sulistyawan


Vietnam


Dang Van Lam, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Vu Van Thanh (Ho Tan Tai 69), Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Nguyen Tienh Linh (Pham Tuan Hai 69)