GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Berhubungan Intim Pakai Kondom Tapi Sperma Dikeluarkan di Dalam, Bisa Hamil?

Berhubungan intim menggunakan kondom tapi sperma dikeluarkan di dalam, apakah bisa hamil? Bagi sebagian orang anggapan menggunakan kondom 100 persen efektif untuk mencegah kehamilan. Apakah benar demikian? Simak faktanya.
Foto ilustrasi

Kondom adalah alat kontrasepsi eksternal yang efektif membantu melindungi seseorang dari penyakit menular seksual dan mengurangi risiko kehamilan. Pelindung ini sudah ditemukan sejak 1000 masehi, namun bahan yang digunakan saat itu alami dan bukan sintetis.

Setelah pil KB, kondom adalah salah satu metode kontrasepsi yang paling umum digunakan. Masyarakat bisa mendapatkannya secara bebas di toko atau apotik terdekat. Bahkan, beberapa layanan medis memberikan secara gratis dengan syarat tertentu.

Berhubungan intim menggunakan kondom tapi sperma dikeluarkan di dalam, apakah bisa hamil? Tentunya wanita tetap bisa hamil. Dikutip dari berbagai sumber berikut ini sederet faktanya.

Tetap Bisa Hamil, Walaupun Risiko Rendah

Dikutip dari Medlinplus, jika sperma yang terkandung dalam air mani pria mencapai vagina wanita, kehamilan bisa terjadi. Fungsi kondom ialah bekerja dengan mencegah sperma bersentuhan dengan bagian dalam vagina.

Jika kondom digunakan dengan benar setiap berhubungan seksual, risiko kehamilan cenderung rendah. Namun, masih ada kemungkinan kehamilan tinggi jika kondom tersebut tidak digunakan dengan benar selama kontak seksual.

Jika pecah atau sobek saat digunakan, kondom tidak berfungsi dengan baik untuk mencegah kehamilan.

Beberapa kondom mengandung zat yang dapat membunuh sperma yang disebut spermisida. Ini mungkin bekerja sedikit lebih baik untuk mencegah kehamilan.

Seberapa Besar Kondom Mencegah Kehamilan?

Seberapa Besar Kondom Mencegah Kehamilan?

Dikutip dari Planned Parenthood, jika penggunaan kondom sudah benar maka kondom efektif mencegah kehamilan sekitar 98 persen. Namun kebanyakan orang mengatakan kondom hanya efektif sekitar 85 persen, kenyataannya hal itu disebabkan karena kondom dijadikan satu-satunya sebagai alat kontrasepsi dan penggunaan kondom yang tidak benar.

Selain kehamilan, kondom juga dapat mencegah penyebaran virus dan bakteri tertentu yang menyebabkan berbagai penyakit menular seksual (PMS) seperti human immunodeficiency virus (HIV), dan gonore,seperti dilansir detik.(2/2/23).

Berhubungan intim menggunakan kondom tapi sperma dikeluarkan di dalam apakah bisa hamil? Sebenarnya, wanita tetap dapat hamil walaupun pasangannya memakai kondom saat berhubungan seksual meskipun risiko kehamilan cukup rendah. Selain itu, kondom juga mampu mencegah berbagai penyakit seksual(*)

Komentar0