Desa Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan, saat ajuan masih belum mengenal aplikasi siskeudes dan cenderung manual bahkan distribusi tunai, selalu terdepan tuntas dan paling awal menerima pencairan siltap perangkat dan dana transfer desa lainnya. Namun, terhitung 2023 saat Desa lain sudah dikabarkan turun 2 bulan (Januari - Februari) untuk siltap kades dan perangkat, Desa perbatasan Kecamatan Banyusari itu, ikut terdampak keterlambatannya akibat sistem dan transformasi non tunai.
Foto : Lili Hermanto, Kades Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan


"Iya, dulu mah waktu manual baik ajuan, pencairan dan laporan pertanggungjawaban selalu paling awal. Eh sekarang, yang lain katanya sudah ada yang cair, di sini mah siltap semua perangkat dan termasuk kades dan BPD juga belum turun-turun, " Kata Kades Cikalong, H Lili Hermanto, Selas (4/4/2023).

Pihaknya sebut Lili, tidak banyak berharap, karena meskipun telat, diyakininya cepat atau lambat juga cair. Betapapun, diakuinya, keterlambatan ini memicu banyak pertanyaan dari perangkat desa, apalagi menjelang lebaran idul Fitri. Karenanya, ia berharap, ada kelonggaran segera dari Pemkab, agar kiranya dana transfer desa khususnya ADD Siltap dan DBH PDRD bisa segera cair sebelum lebaran.

"Gak ngarep-ngarep lah, nanti juga turun. Ya walaupun perangkat desa juga banyak yang nanyain. Kiranya, bisa jadi perhatian Pemkab lah sebelum lebaran mah ya harus, " Harapnya. (Rd)