*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan Petir di Wilayah Jabar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada terhadap potensi hujan lokal yang disertai kilat atau petir dan terjadinya angin kencang di sejumlah wilayah Tanah Air pada hari Senin.

Foto : Logo BMKG

"Waspadai potensi hujan lokal yang disertai kilat atau petir dan terjadinya angin kencang pada rentang waktu antara siang dan menjelang malam hari," demikian tertulis dalam laman BMKG, Senin dini hari.

BMKG meminta masyarakat di sebagian wilayah Jawa Barat, antara lain, Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Purwakarta, Subang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, dan Bandung untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca tersebut.

Selain itu, masyarakat di Provinsi Bali, terutama di Tabanan, Karangasem, Gianyar, Denpasar, Jembrana, Buleleng, Bangli, Klungkung, dan Badung, juga diminta waspada terkait dengan potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat serta dampak bencana yang dapat disebabkan oleh kondisi cuaca tersebut seperti banjir, genangan air, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan ringan mengguyur sebagian besar kota besar di Indonesia pada Senin.

Dalam informasi dirilis Info BMKG di Jakarta, diawali prakiraan cuaca untuk untuk Kota Aceh cenderung berawan, kemudian potensi hujan ringan terdapat di kota Padang, Medan, Pekanbaru Tanjung Pinang dan juga Bengkulu.

Sementara itu, potensi hujan sedang terdapat di Kota Bandar Lampung. Perlu waspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat petir di Kota Jambi dan juga Pangkal Pinang, serta potensi hujan lebat di Kota Palembang.

Beralih ke Pulau Jawa, untuk Kota Serang dan juga Jakarta diprakirakan kondisi cuaca berpotensi hujan ringan. Potensi hujan sedang di Kota Bandung dan juga Semarang. Waspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat petir di kota Yogyakarta dan juga Surabaya.

Untuk kota Kupang diprakirakn kondisi cuaca berpotensi hujan ringan, kemudian potensi hujan yang dapat disertai kilat petir di Kota Denpasar dan Mataram.

Selain itu di Pulau Kalimantan, untuk Kota Palangkaraya dan Banjarmasin, diprakirakan berpotensi hujan ringan, kemudian potensi hujan sedang terdapat di Kota Pontianak dan Tanjung Selor. Perlu waspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai petir di Kota Samarinda.

Di Pulau Sulawesi, untuk Kota Mamuju Palu dan juga Manado diprakirakan berpotensi hujan ringan, kemudian potensi hujan sedang terdapat di kota Makassar, Kendari dan juga Gorontalo

Terakhir di wilayah Indonesia bagian timur, untuk Kota Ambon, Manokwari, dan Jayapura, diperkirakan berpotensi hujan ringan, kemudian potensi hujan sedang terdapat di Kota Ternate.

Hal-hal yang memengaruhi, berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan beberapa faktor yang memengaruhi kondisi cuaca di wilayah Indonesia seperti gangguan fenomena Madden Jullian Oscilation (MJO) diprediksi terpantau aktif di wilayah Samudra Hindia barat Sumatera hingga selatan Jawa, sebagian besar Sumatera, Jawa , Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku bagian Selatan, yang berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.(Ant)

Komentar0