*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Gol Hansamu Bawa Persija Tundukkan Dewa United 1-0

Hansamu Yama mengemas gol semata wayang untuk membawa Persija Jakarta menundukkan tuan rumah Dewa United dengan skor 1-0, pada pertandingan Liga 1 yang dimainkan di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Senin malam WIB.

Foto ilustrasi : Persija saat berlaga

Tambahan tiga poin ini menjadi sangat berarti bagi Macan Kemayoran, sebab mereka kini menggeser Persib Bandung untuk menduduki peringkat kedua di klasemen. Persija kini mengoleksi 63 poin, unggul satu poin atas Persib dengan masing-masing klub hanya menyisakan satu pertandingan yang belum dimainkan. Sedangkan Dewa menduduki peringkat ke-17 dengan 33 poin.

Persija yang mengincar kemenangan menekan Dewa sejak awal. Mereka sempat mendapat peluang bagus saat pemain Dewa melakukan kesalahan operan, untuk kemudian bola dikuasai Michael Krmencik. Bola selanjutnya dioperkan kepada Riko Simanjuntak, yang meneruskannya lagi kepada Witan Sulaeman. Namun tembakan Witan masih dapat ditahan kiper Muhammad Natsir.

Dewa tidak mau menyerah begitu saja. Mereka mendapatkan dua tendangan bebas yang mengancam gawang Persija. Tendangan bebas pertama dieksekusi Majed Osman yang masih melebar, dan tendangan bebas kedua diambil oleh Egy Maulana Vikry yang masih dapat ditepis kiper Andritany.

Pada peluang berikutnya, gawang Dewa yang mendapat ancaman. Riko melepaskan umpan silang spekulasi yang tertuju kepada Krmencik, namun bola justru membentur tiang kanan gawang Muhammad Natsir. Egy balas mengancam gawang Andritany melalui tembakan yang melebar.

Persija terus menggempur gawang tuan rumah pada sisa babak pertama. Krmencik melepaskan tembakan melebar ke sisi kanan gawang Dewa setelah menerima umpan terobosan dari Resky Fandi. Dua peluang berikutnya juga dimiliki Persija yang belum berbuah gol, dari sepakan Witan yang melebar dan sundulan Krmencik yang belum tepat sasaran.

Setelah turun minum, Dewa berupaya tampil semakin agresif. Egy mendapat peluang bagus untuk memecah kebuntuan, namun tembakannya dapat ditepis Anditany. Bola kemudian dapat dibuang Muhammad Ferrari.

Memasuki menit ke-67, Dewa harus bermain dengan sepuluh pemain. Gelandang Lucas Ramos secara tidak sengaja menendang wajah Doni Tri Pamungkas saat melakukan duel perebutan bola. Pemain asal Brazil itu pun kemudian diganjar kartu merah oleh wasit.

Intensitas permainan tetap tinggi sampai fase akhir pertandingan. Pada menit ke-84 Krmencik sempat menyambar bola pantul untuk dilesakkan ke gawang Dewa, namun ia sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside. Dewa juga balas mengancam melalui pemain pengganti Nathanael Siringo Ringo yang tembakannya dapat ditahan kiper Andritany.

Momen penentuan terjadi pada menit terakhir laga, yakni menit ke-96. Diawali situasi tendangan penjuru di kotak penalti Dewa, Hansamu Yama sukses menyambar bola pantul untuk membobol gawang Muhammad Natsir sekaligus mengamankan tiga poin bagi tim tamu.(Ant)

Daftar susunan pemain:

Persija: Andritany, Muhammad Ferrari, Ondrej Kudela (Ginanjar Ramadhani 87'), Hansamu Yama, Rio Fahmi, Firza Andika (Frengky Missa 78'), Resky Fandi, Witan Sulaeman (Alfriyanto Nico 70'), Riko Simanjuntak (Aji Kusuma 78'), Dony Tri Pamungkas (Sandi Arta Samosir 70'), Michael Krmencik

Dewa United: Muhammad Natsir, Mochammad Zaenuri, Faris Ardiansyah, Risto Mitrevski, Bhudiar Riza (Feby Eka 90'), Ichsan Kurniawan, Lucas Ramos, Achmad Nasir, Rangga Muslim, (Asep Berlian 73') Majed Osman, Egy Maulana Vikry (Nathanael Siringo Ringo 79. 

Komentar0