GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Hasil Pleno Terbuka, 1,78 Juta Masyarakat Karawang Miliki Hak Suara di Pemilu 2024

Sebanyak 1.789.178 masyarakat di Kabupaten Karawang, dipastikan akan menjadi pemilik hak suara di perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. 
Foto: KPU Karawang saat pleno


Hal itu berdasarkan hasil rapat pleno terbuka yang digelar KPU Karawang disalah satu hotel ternama di daerah Interchange Karawang Barat, Kabupaten Karawang, pada Rabu (5/4) kemarin. 

"Pleno kali ini menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Karawang sebanyak 1.789.178 orang, dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 898.941 orang, dan pemilih perempuan berjumlah 890.237 orang. Hal tersebut seperti yang tertuang pada surat BA KPU Kab.Karawang Nomor: 204/PP.07.1/3215/2023," ungkap Ketua KPU Karawang, Miftah Farid, Kamis (6/4) pagi. 

Menurutnya, lanjut Farid, jumlah pemilih tersebut berdasarkan dengan berakhirnya proses pada tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih selama kurun waktu satu bulan terakhir.

"Jumlah pemilih tersebut berdasarkan hasil pada tahapan Coklit atau sensus pendataan ulang daftar pemilih di DP4 Kememdagri untuk Kabupaten Karawang, yang dilakukan secara serentak oleh 6.884 petugas Pantarlih di masing-masing TPS yang ada di 309 desa atau kelurahan di Kabupaten Karawang," ujarnya. 

Selain itu, nantinya sebanyak 1,78 jutaan masyarakat Kabupaten Karawang tersebut akan menyalurkan hak suaranya di pesta demokrasi yang dilaksanakan secara serentak di berbagai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Sedangkan untuk jumlah TPS atau Tempat Pemungutan Suara, kata Farid menambahkan, KPU Karawang nantinya akan menyiapkan 6.890 bilik suara yang tersebar di 309 desa atau kelurahan yang ada di 30 kecamatan di Kabupaten Karawang. 

"Sebanyak 1,78 juta masyarakat Kabupaten Karawang memiliki hak pilih untuk menyalurkan suaranya di masing-masing TPS (Tempat Pemungut Suara) yang nantinya akan disiapkan oleh kami, petugas KPU Karawang yang tersebar diberbagai wilayah desa atau kelurahan di 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang," tambahnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejak Rabu siang hingga malam kemarin, KPU Karawang melaksanakan rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi penetapan Daftar Pemilih Sementara atau DPS. 

Kegiatan tersebut juga, turut dihadiri oleh perwakilan Forkompimda setempat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang, Lapas Kelas IIA Karawang, dan juga sejumlah perwakilan LO dari partai politik se-Kabupaten Karawang beserta para pemangku kepentingan lainnya. 

"Untuk teman pemilih di Karawang yang masih belum terdaftar sebagai pemilih, silahkan hubungi kontak Service Center kami sesuai domisili kecamatan teman-teman pemilih di Karawang. Atau bisa juga menghubungi kontak Service Center KPU Karawang melalui aplikasi pesan WhatsApp (WA Only) di nomor 081381047328 dan 08118122355," imbuhnya. 

"Jumlah DPS ini memungkinkan berubah seiring dengan tahapan yang masih berjalan kedepannya, yakni  penyusunan DPSHP kemudian DPT," pungkasnya. (Gj/rls).

Komentar0