GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Heboh Penampakan Ada " Tangga menuju Surga"

Pemandangan alam yang sangat langka tersaji di langit Negara Bagian Sarawak, Malaysia, Kamis (6/4/2023). Warga dihebohkan dengan awan dengan formasi lurus dan sangat panjang.

Warga di Malaysia dihebohkan dengan pemandangan sangat langka, yakni awan berbentuk garis horizontal sangat panjang dengan latar belakang langit mendung.

Fenomena ini setidaknya disaksikan warga di Kota Bintulu, Sarawak. Mereka merekam dan memotret fenomena tersebut lalu membagikannya ke media sosial hingga menjadi viral.

Tampak awan berbentuk garis horizontal yang sangat panjang dengan latar belakang langit mendung abu-abu gelap pada Kamis pagi.

“Sungguh indah, seperti tangga ke surga,” demikian komentar seorang pengguna Facebook.

"Indah dan luar biasa," komentar pengguna lainnya.

Ada pula netizen yang berspekulasi serta bertanya-tanya, apakah formasi awan itu menandakan akan adanya badai.

“Mudah-mudahan tidak seperti Sibu yang diterjang angin kencang dan hujan. Banyak pohon tumbang dan atap-atap beterbangan,” kata netizen lainnya di Facebook, merujuk pada badai petir pada Rabu (5/4/2023),dilansir dari Inews .

Departemen Meteorologi Malaysia (MetMalaysia) menjelaskan, fenomena tersebut sebagai formasi awan arcus. British Met Office menjelaskan, arcus adalah awan tingkat rendah dengan jangkauan yang luas, biasanya diasosiasikan dengan awan badai dan badai petir yang kuat.

“Di daerah tropis, pembentukan awan ini terjadi jika ada awan cumulonimbus atau awan yang membawa hujan atau badai,” kata seorang juru bicara MetMalaysia, sebagaimana dilaporkan Borneo Post.

Secara umum awan arcus atau roll tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan hujan lebat, angin kencang, dan petir.((*)

Komentar0