GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Jalur Fungsional Tol Cisumdawu Belum Dibuka pada H-7 Lebaran 2023

Jalur fungsional pada Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jawa Barat, belum dibuka pada Sabtu atau H-7 menjelang Lebaran 2023.

Jalur fungsional pada Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan

Sebelumnya jalur fungsional mulai dari ruas Gerbang Tol (GT) Cimalaka hingga Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) rencananya akan dibuka pada Sabtu 15 April 2023 ini untuk kebutuhan arus mudik.

"Masih menunggu survei, hari ini saya belum cek kepastiannya sudah bisa digunakan atau enggak," kata Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Arus kendaraan di Tol Cisumdawu yang mengarah ke Tol Cipali belum bisa dilalui atau ditutup sejak kawasan Cimalaka. Sehingga kendaraan pun diarahkan keluar dari Tol Cisumdawu melalui GT Cimalaka.

Ibrahim menjelaskan berdasarkan laporan dari pengelola tol, beberapa waktu sebelumnya ada perbaikan teknis yang dilakukan. Kemudian menurutnya ada survei yang dilakukan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jalur fungsional pada Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan

Rencananya, kata dia, ruas jalur fungsional itu akan digunakan pada 15 April 2023 ini. Menurutnya ruas jalur fungsional itu pun hanya bisa digunakan pada pukul 06.00-15.00 WIB.

"Kemudian hanya satu jalur saja yang bisa digunakan yakni di Jalur A (jalur yang mengarah ke Tol Cipali), kemudian jalur itu akan digunakan lagi pada arus balik ke arah Bandung," katanya.

Di samping itu, dia pun memprediksi puncak arus mudik di wilayah Jawa Barat akan berlangsung pada H-2 atau Kamis, 20 April 2023. Dia pun mengimbau pemudik agar menghindari melakukan perjalanan pada waktu puncak tersebut guna menghindari kepadatan kendaraan.



Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, mengatakan meski sudah ada arus mudik, tetapi volume kendaraan belum terlalu ramai dan arusnya pun masih tergolong lancar.

"Kita melihat dari jalur tol sudah ada peningkatan tapi belum terlalu ramai," kata Ibrahim.

Menurutnya puncak arus mudik di Jawa Barat diprediksi terjadi pada H-2 menjelang lebaran yakni pada Kamis, 20 April 2023. Kemudian kepadatan arus lalu lintas juga menurutnya akan berlangsung hingga H+2 Lebaran.

Namun menurutnya kondisi arus mudik nantinya akan menyesuaikan pada situasi yang ada, karena, Lebaran 2023 ini jumlah hari libur lebih banyak, sehingga masyarakat bisa memilih waktu-waktu tertentu untuk melakukan perjalanan mudik agar tidak menumpuk di hari yang sama.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan ada peningkatan volume kendaraan dibandingkan sebelumnya pada momen mudik Lebaran 2023 ini. Untuk itu, menurutnya polisi pun telah menyiapkan beragam rekayasa lalu lintas guna memastikan kelancaran arus mudik.

"Tentunya Polri akan melaksanakan pagelaran Operasi Ketupat dalam rangka mengawal mudik agar bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan masyarakat," kata Listyo dalam kegiatan distribusi paket sembako di Kantor PP Persis, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.(ant)

Komentar0