Pospera Kabupaten Karawang, turut megisi acara pada event " SOLO MENARI " yang diadakan pada 29 April 2023 oleh Pemerintah Kota Solo,dengan membawakan karya seni Jaipong Kreasi “Bentang Gerilya” yang berhasil memukau para seniman di Kota Solo.
Penampilan Pospera dan PPSI Karawang Bikin Melongo Seniman Kota Solo

Karya ini merupakan buah pemikiran dari Bapak Drs. Acep Jamhuri, M.Si Sekretaris Daerah kabupaten Karawang.

Menceritakan tentang tokoh pejuang asal Karawang Rd. Oce Amapura Direja, pendiri organisasi pasukan Siliwangi yang menjadi salah satu pencetus Kemerdekaan dan mendapatkan bintang kehormatan.

“Alhamdulillah, kami diberikan kepercayaan mewakili DPD POSPERA Jawa Barat untuk ikut berpartisipasi dalam Event SOLO MENARI tahun ini, dan kami membawa Sanggar RSAP, yang merupakan sanggar binaan kami di Karawang yang berkolaborasi dengan PPSI untuk pencak silat nya dengan membawa Padepokan GAYA MUNI dan GODOT yang merupakan silat Asli Karawang” ungkap Risna Sundari, SE Ketua DPC POSPERA Karawang. Sabtu (29/04/23)

Lanjutnya, untuk Koreograftari dibuat oleh Rusnia Anti, Guru Tari dan Pemillik  sanggar RSAP Cikampek yang juga merupakan wakil ketua bidang kesenian DPC POSPERA Karawang dan untuk Silat nya oleh H.Dian Nugraha, Sekretaris Perguruan GODOT

“Bentang Gerilya adalah sebuah bentuk Pelestarian dan Pengembangan. Karena menurut undang undang no 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan sudah mencangkup 4 Pilar yaitu Pelestarian, Pengembangan, Pemanfaatan, Pembinaan” tambah Risna

Risna juga berharap acara serupa juga bisa digelar di Karawang, yang kaya akan karya seni dan pelaku seni nya selain itu Ia berharap pemda Karawang bisa menganggarkan stimulus untuk sanggar sanggar yang ada di Karawang ketika akan mengikuti acara dan menampilkan kesenian Karawang keluar daerah,karena ini merupakan salah satu ajang P
promosi budaya Karawang.

Kabupaten Karawang kaya akan pelaku seni dan karya seni, Karawang juga memiliki Destinasi Wisata menarik,ada gunung,ada laut, ada candi semua ada di Karawang. Guna menarik wisatawan berkunjung ke Karawang salah satu nya bisa dengan mengadagan Event seperti yang diadakan di Kota Solo, dengan mengundang perwakilan dari luar kota bahkan dari luar negeri.

“Saya yakin Pemerintah Kabupaten Karawang mampu melakukannya, Kalau terkait Anggaran, ada program nya di kementrian bisa juga kan dengan memanfaatkan dana CSR, secara Karawang merupakan Kota Industri, Saya yakin Karawang akan mampu untuk membuat event serupa” tutup Risna.(oc)