Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para petani untuk selalu menggunakan pupuk organik, karena dapat mengurangi biaya produksi. Langkah ini sekaligus akan mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia.

Foto : Jokowi

“Ini yang saya kira kalau bisa dikembangkan di daerah yang lain seperti yang dilakukan oleh Serikat Petani Indonesia. Ini akan banyak mengurangi cost yang harus dikeluarkan petani dan tidak ketergantungan kepada pupuk-pupuk kimia,” ujar Kepala Negara saat melakukan tanam padi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim), Kamis (6/4/2023). 

Selain itu, Presiden juga menyebutkan jika penggunaan pupuk organik sangat baik untuk memperbaiki ekosistem di kawasan lahan.

“Memperbaiki lingkungan, ekosistem yang ada di sini menjadi tumbuh kembali. Cacing-cacing mulai banyak, belut mulai banyak, katak mulai banyak, ini kan mulai lagi ekologinya akan terperbaiki kembali,” ujarnya.

Kepala Negara pun memerintahkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk mengembangkan penggunaan pupuk organik di daerah lain, termasuk penyediaan sapi yang dapat digunakan untuk membuat pupuk organik.

“Di sini sudah, di daerah yang lain ini nanti tugasnya Kementan untuk mencukupi itu sehingga bisa dipakai untuk membikin pupuk organik,” kata Kepala Negara.(dfK)