Ganda putra Indonesia Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana menyempurnakan raihan empat emas beruntun pada laga final bulu tangkis SEA Games 2023 Kamboja, Selasa.
Ganda putra Indonesia Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana


Yere/Pram merebut kemenangan atas pasangan ganda putra Thailand Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul melalui dua set langsung 21-17 dan 21-19.

Pasangan ganda putra Indonesia tampil mendominasi dan unggul jauh di setengah babak pertama, menutupnya dengan skor 11-5. Yere/Pram tampil dengan tenang namun juga kuat dengan serangan-serangan taktis dan tepat sasaran.

Ganda Merah-Putih sempat unggul jauh dari tim Thailand dengan selisih delapan poin, namun, lawan mencoba memberikan tekanan dan mengejar ketertinggalan, hingga akhirnya skor menyentuh 17-18.

Sukphun/Teeraratsakul pun menunjukkan penampilan yang cepat, memaksa Yere/Pram untuk bermain cepat dengan bola-bola yang banyak diletakkan di tempat-tempat sulit.

Pasangan Indonesia lalu mencoba untuk kembali tampil tenang dan sabar, hingga matchpoint diraih Indonesia, dan set pertama menjadi milik Skuad Garuda.

Sempat tertinggal sementara 0-2 di set kedua, Yere/Pram mampu menyamakan keadaan dan membalik kedudukan 7-3.

Ganda putra Indonesia memaksa Thailand untuk mengembalikan dengan bola-bola pendek dan tricky. Interval di set kedua masih dimiliki Indonesia dengan skor 11-8 meskipun Thailand berupaya keras memberikan tekanan.

Sukphun/Teeraratsakul kembali berhasil menyamakan kedudukan dan menyalip Indonesia dengan skor 11-12. Namun, kerja sama solid Yere/Pram berhasil menyamakan kedudukan beberapa kali, hingga akhirnya wasit memberikan kartu kuning untuk Sukphun/Teeraratsakul di poin 14 sama.

Perebutan poin dan raihan poin-poin kembar pun semakin tak terelakkan. Namun, Yere/Pram memastikan kemenangan dan emas keempat untuk Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

Secara total, bulu tangkis Indonesia telah menyumbangkan empat emas, dua perak, dan tiga perunggu di SEA Games 2023.

Empat emas masing-masing diraih oleh beregu putra, ganda campuran Rehan/Lisa, ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma, tunggal putra Christian Adinata, dan ganda putra Yeremia/Pramudya.

Sementara, perak diraih oleh ganda putri Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose dan tunggal putra Chico Aura. Selain itu, perunggu diraih oleh tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, serta ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.(ant)