*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Di Dampingi Pejabat DPMD, Karawang Ikuti Tiga Kategori Lomba TTG Jabar

Hari ini, Selasa (2/5/2023) sampai besok, Kabupaten Karawang tampil dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Jawa Barat yang di selenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jabar. 
Foto : Bidang Kelembagaan Desa DPMD Karawang dampingi Peserta Saat Lomba TTG Jawa Barat di Bandung


Bertempat langsung di aula DPMD Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Karawang ikuti tiga kategori cabang lomba TTG di tahun 2023 ini.

Kabid Kelembagaan Desa DPMD Karawang Cacan Chandrawan mengatakan, lomba TTG kembali di gelar di tingkat Provinsi. Kali ini, Karawang mengutus tiga kategori lomba yang di selenggarakan DPMD Jawa Barat itu. 

Tujuan lomba TTG ini sendiri, adalah 
untuk menumbuhkembangkan ide--ide yang kreatif pada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan dan menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara secara mudah serta dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan. 

Foto : Bidang Kelembagaan Desa DPMD Karawang dampingi Peserta Saat Lomba TTG Jawa Barat di Bandung

"Kita pernah masuk kategori juara ditahun 2019, kali ini di tingkat Jawa Barat kita berharap gelar juara bisa di raih Karawang, " Harapnya.
 
Kabupaten Karawang sendiri, sebut Cacan, mengikuti 3 kategori yang dilombakan, yaitu kategori inovasi yang diwakili oleh SMK PGRI Telgasari dengan menampilkan alat pompa air pertanian menggunakan penggerak motor DC 12 volt. Sementara untuk kategori unggulan juga diwakili oleh SMK PGRI Telagasari menampilkan mesin pengusir burung mekanis untuk lahan pertanian.

"Sedangkan kategori posyantek (pos pelayanan teknologi) diwakili oleh Posyantek Teratai desa Gempol, kecamatan Banyusari, " Ungkapnya.

Lebih jauh ia menambahkan, hasil lomba akan diumumkan 1 minggu setelah  lomba dilaksanakan. Peringkat 1 dari kategori akan mewakili Propinsi Jawa Barat untuk mengikuti Lombs TTG tingkat nasional (TTG nusantara) yang akan di laksanakan secara Daring (online) oleh Kemendes.

"Hasil lomba TTG Nusantara akan diumumkan pada kegiatan Gelar TTG nusantara yang diselenggarakan di propinsi Bandar Lampung, " Ungkapnya. (Rd)

Komentar0