Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat menerima komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng yang mendaftar sebagai bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Daerah Pemilihan Jabar, Sabtu.
Pelawak Komeng

Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok mengatakan Komeng merupakan warga yang tercatat berdomisili di daerah Bogor dan telah melalui tahap verifikasi administrasi dan verifikasi faktual sebelum melakukan pendaftaran pada hari ini.
"Bakal calon yang melakukan pendaftaran itu menyerahkan dokumen persyaratan, berupa surat keterangan kelakuan baik yang paling penting dari kepolisian, surat keterangan tidak dipidana secara hukum dari pengadilan, kesehatan jasmani dan rohani dan narkotika, dan kelengkapan lainnya," kata Rifqi di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung.

Rifqi menjelaskan Komeng kini bisa mendaftar sebagai bakal calon DPD RI setelah beberapa waktu sebelumnya mengumpulkan sekitar 6.000 dukungan warga yang dibuktikan dengan salinan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai salah satu persyaratan.

Selain Komeng, publik figur lainnya yang turut mendaftar sebagai bakal calon DPD RI Dapil Jawa Barat adalah Ogie (anggota grup komedian SOS bersama Sule), Jihan Fahira (artis sinetron), dan Rifki Kartini alias Kiki Kinanti (pemeran sinetron Preman Pensiun).

"(Publik figur) ada peningkatan, kalau sebelumnya kan cuma Onj, sekarang Oni nggak ikut, turun ke Ogi. Juga sekarang ditambah Komeng, Jihan, dan Rifki," kata dia.

Sementara itu, Komeng sedikit bersenda gurau saat datang ke Kantor KPU Jabar untuk mendaftarkan diri. Dia datang bersama rekan-rekan komedian lain, antara lain Jarwo Kwat, Bopak Castello, Daus Separo, dan Rudi Sipit.

Meski sempat berkomedi saat menyampaikan sambutan, dia menjelaskan bahwa dirinya sering menyampaikan satir terkait kondisi bangsa ketika menjadi komedian.

Namun, dengan menjadi anggota DPD, dia berharap satir-satirnya itu bisa membawa perubahan bagi bangsa, seperti dilansir Antara (13/5/23).

"Mudah-mudahan dengan komedi saya memang tidak bisa begitu menyejahterakan masyarakat Jawa Barat, tapi paling tidak saya bisa membahagiakan karena dengan komedi itu pemantik untuk kebahagiaan," kata Komeng.(**)