Pameran inovasi dan teknologi dalam rangka  memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam III Siliwangi ke 77 digelar di Bandung Jawa Barat, 17-19 Mei 2023. 
Foto : Pameran inovasi dan teknologi Kodam III Siliwangi Hadirkan Huma ECO Enzyme dari Kodim 0604/Karawang


Selain dihadiri sejumlah prajurit dari setiap Kodim Kabupaten/Kota, kegiatan itu juga di hadiri perwakilan Kodim 0604/Karawang Korem 063/SGJ.
Bahkan, salah satu inovasi yang di pamerkan dalam acara itu, adalah pengolahan sampah organik (buah dan sayur) menjadi ECO Enzyme(EE) yang menghadirkan hasil racikan Huma Eco Enzyme Karawang. 

"Alhamdulillah, kita kembali dipercaya Kodim 0604/Karawang untuk kembali memamerkan hasil inovasi sampah organik menjadi Eco Enzyme dalam acara pameran inovasi dan teknologi dalam rangka HUT Ke 77 Kodam III Siliwangi di Bandung selama 3 hari terakhir hari ini. Kita serukan setiap pengunjung yang datang ke stand, agar mau memulai mengolah sampah organik di setiap rumah agar bumi kita lestari, " Kata Pengelola Huma Eco Enzyme Karawang, Siti Komalaningsih kepada Pelitakarawang.com. 


Foto : Pameran inovasi dan teknologi Kodam III Siliwangi Hadirkan Huma ECO Enzyme dari Kodim 0604/Karawang


Subkor Kesawan dan Kesmavet Bidang Peternakan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang ini menambahkan, stand Kodim 0604/Karawang, disyukurinya banyak dikunjungi baik masyarakat sipil maupun militer dan pejabat karena keingintahuannya soal cara pengolahan limbah organik sehingga menghasilkan cairan Eco Enzyme dengan segudang manfaatnya. Sebab, yang ia bawa selain cairan  EE, juga ada sabun berbahan Eco Enzyme. 

Mereka, sebut Nining mengapresiasi karena, segudang manfaat bisa di hadirkan dari Eco Enzyme yang berbahan dasar sampah organik ini, seperti dijadikan sebagai desinfektan untuk menekan pertumbuhan bakteri,  pembersih udara maupun desinfeksi kandang ternak, selain itu EE juga dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati luka, juga dapat memperbaiki kesuburan tanah, hingga sabun cair.

"Kita sampaikan cara pengolahan dan prosesnya, dimana setiap tahapan peracikan sampai produksi, kita siapkan setiap progres fisiknya sehingga menjadi Eco Enzyme. Alhamdulillah, selain meminati hasil produksi, pengembangan wawasan pengolahan sampah organik ini juga melekat dan memunculkan semangat untuk sama-sama memulai dan mensosialisasikannya, " Ungkap Nining.

Dirinya, dari Huma Eco Enzyme yang beralamat di Perum Permata Indah Permai (PIP) Desa Pasirjengkol Kecamatan Majalaya ini, menghaturkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan Kodim 0604/Karawang juga izin dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang yang sudah support hadirkan pameran inovasi dan teknologi di HUT Kodam III Siliwangi di Bandung ini. (Rd)