Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat, H Mahpudin gelar reses ke II Tahun 2023 di Kampung kelahirannya Desa Kiara Kecamatan Cilamaya Kulon, Rabu (17/5/2023). Dewan yang akrab di sapa Haji Evenk ini, serap segudang aspirasi masyarakat Kiara soal infrastruktur, pemberdayaan ekonomi dan sosial. 
Foto : Anggota DPRD H Mahpudin Saat Reses di Desa Kiara Kecamatan Cilamaya Kulon


Mengawali sambutan resesnya, Mahpudin mengatakan, sebagai anak yang di lahirkan di kampung halaman Desa Kiara ini, dirinya siap berkomitmen untuk menjadikan wilayah ini sebagai prioritas pembangunan dari aspirasi atau pokok-pokok pikiran (Pokir) sebagai anggota DPRD. Oleh karenanya, beragam keluhan soal infrastruktur, sarana umum, pemberdayaan ekonomi dan sosial, akan di poskan solusinya di tahun anggaran 2024 mendatang. 
Misalnya, sebut Evenk secara spontan masyarakat keluhkan penerangan jalan umum (PJU) yang mati selama dua bulan terakhir di akses jalan syekh Quro- Jarong Desa Kiara, maka tanpa pikir panjang dirinya koordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) agar gerak cepat melakukan perbaikan.

"Kita serap banyak aspirasi masyarakat Kiara. Selain soal PJU banyak yang tak berfungsi, juga ada aspirasi kaitan dengan Ekonomi kerakyatan maupun Inprastruktur yamg masih belum terbangun dan diajukan, serperti penurapan saluran sekunder, rulahu dan normalisasi misalnya, " Kata Evenk.

Lebih jauh ia menambahkan, sejak menjadi DPRD, sejumlah aspirasinya mengucur untuk beberapa infrastruktur di Desa Kiara yang sebelumnya tidak tercover oleh anggaran desa. Misalnya, Rumah Layak Huni (Rulah, Rehabilitasi sarana pendidikan agama, gedung SD hingga jalan dan turap. Kedepan, jika memungkinkan, alokasi aspirasi untuk UMKM, juga disiapkannya untuk membantu usaha-usaha mikro bagi pedagang kecil di Desa Kiara.

"Setiap tahun kita terus upayakan agar pembangunan infrastruktur masuk di aspirasinya untuk masyarakat desa Kiara, Alhamdulillah saya kembali reses untuk menyerap lagi apa-apa yang dibutuhkan masyarakat untuk di realisasikan ditahun anggaran 2024 mendatang, " Ungkapnya.

Kades Kiara H Warja mengapresiasi komitmen putera desa H Mahpudin yang siap memberikan prioritas pembangunan lewat pokok-pokok pikiran atau aspirasinya sebagai DPRD di desa yang merupakan kampung halamannya. 
Selain belasan PJU yang di keluhkan tak berfungsi dan langsung di tangani Dishub paska reses perbaikannya secara bertahap. Prioritas pembangunan lainnya yang siap dianggarkan tahun depan adalah rehabilitasi gedung DTA Attarbiyyah II Dusun Jarong RT 09 dan penurapan di sepanjang kalen bungur. 

"Kami dan masyarakat mengapresiasi komitmen kang evenk yang sudah jelas banyak menggontorkan aspirasinya setiap tahun ke Desa Kiara, bahkan menjadi prioritasnya saat ini juga untuk tahun 2024 mendatang." Ungkap Warja.

Dengan banyaknya bantuan ini yang semoga bisa realisasi optimal, sambung Warna, tentu masyarakat Kiara sangat terbantu, apalagi tidak semua Dana Transfer Desa bisa mengcover itu semua, sehingga secara tidak langsung anggaran pokir DPRD dari Kang Evenk sudah banyak berkontribusi mengcover kebutuhan pemerintahan desa di bidang infrastruktur, pemberdayaan ekonomi kerakyatan hingga sosial. 

"Jelas sangat terbantu, masyarakat Kiara sudah bisa menilai sendiri hasil dari pembangunan beliau di Desa Kiara selama ini, " Ungkapnya. (Rd)