Ribuan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) formasi guru di Kabupaten Karawang yang lulus seleksi 2022 bersama panitia pemberkasan, gelar pertemuan dan halal bi halal di RM Indo Alam Sari, Sabtu akhir pekan kemarin (13/5/2023). 
Foto : Kegiatan Halal bi Halal CPPPK Guru Formasi Jabatan Fungsional Guru di Indo Alam Sari Karawang


Dari 2.244 yang dinyatakan lulu seleksi, terdapat 20 orang diantaranya mengundurkam diri karena alasan penempatan formasi yang jauh, meninggal dunia hingga absen mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) hingga dua kali jadwal perpanjangan.

Dalam kegiatan silaturahmi dan halal bi halal tersebut, hadir Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga H Asep Junaedi bersama Kasie GTK Musa Surya Atmaja, Ketua PGRI Cabang Karawang Nandang Mulyana, Kabid Pengadaan dan Pemberhentian ASN BKPSDM Karawang Nendi Sopandi dan Wakil Bupati Karawang yang di Wakili Asda 1 H Eka Sanatha.

Foto : Kegiatan Halal bi Halal CPPPK Guru Formasi Jabatan Fungsional Guru di Indo Alam Sari Karawang

Ketua Panitia bersama Halal Bi Halal PPPK Guru, Ruslan Abdul Gani mengatakan, silaturahmi dan halal bi halal ini adalah wahana pertemuan bersama, khususnya dengan para panitia pemberkasan yang selama ini berproses bersama untuk mensukseskan data dan segudang berkas yang diperlukan sampai sukses menyandang status PPPK. Saat ini, sebut Ruslan, pemberkasan baru merampungkan mandiri Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang di tutup Sabtu malam setelah dua kali jadwal perpanjang. Pihaknya dan semua PPPK berharap, apa yang sudah terinput di DRH, semoga terverifikasi optimal dan tidak ada kekurangan sesuatu apapun. 

"Apresiasi penuh bagi Disdikpora dan BKPSDM yang selalu up date menginformasikan segala sesuatunya secara cepat kepada semua PPPK Guru yang tinggal selangkah lagi memili NI dan SK, " Katanya.

Diakui Ruslan, para guru yang sudah lolos seleksi ini, berharap SK Bupati dan penempatannya bisa segera turun dan di Lantik sebelum Juni, agar legalitas status semakin mantap. 

"Walau demikian, kita tetap arahkan semua rekan PPPK guru untuk tetap sabar, yakinlah Pemkab Karawang tengah berupaya memformulasikan yang terbaik bagi semuanya, " Ungkapnya.

Nendi Sopandi, Kabid Pengadaan dan Pemberhentian ASN BKPSDM Karawang menghaturkam selamat kepada semua guru honorer yang sudah lulus dan siap segera menyandang status sebagai PPPK. Sebanyak 2.224 orang calon ASN Jabatan Fungsional Guru, kemudian 491 orang tenaga kesehatan dan 135 orang calon ASN JF tenaga teknis sudah melewati segudang proses dan tahapan yang panjang.

"Tentu saja, banyak perjuangan yang telah di lakukan hingga bisa berada di tahap ini, namun kami meyakini bahwa seluruh ASN dan Calon ASN ini merupakan orang - orang hebat yang siap bekerja dan mengabdikan diri untuk Kabupaten Karawang, " Ungkapnya.

Kemudian terkait harapan para CPPPK Guru dalam giat halal BI halal, sambung Nendi, soal relokasi penempatan, untuk saat ini para CPPPK guru di dorong mendapat NIP dulu saja, karena masalah penempatan adalah isu nasional, bukan saja Karawang, namun demikian, kita semua berharap agar kiranya ada kebijakan dari pemerintah pusat sikapi persoalan ini. 
Begitupun soal kepastian Surat Perintah Menjalankan Tugas (SPMT) gajian, khususnya bagi CPPPK guru, dirinya juga berharap SK Se Indonesia Per Bulan Mei ini sudah diterima sehingga SPMT akan bisa diterima per Juni 2023.

"Kepastian SPMT gajian, saya sampaikan bahwa mudah-mudahan tahap verifikasi DRH oleh BKN tidak ada masalah, dan TMT SK se indonesia perbulan mei ini, InsyaAlloh SPMT akan bisa per Juni 2023, " Ungkapnya. (Rd)