Amzulian Rifai terpilih menjadi Ketua Komisi Yudisial (KY) Paruh Kedua Periode Juli 2023-Desember 2025 setelah memperoleh suara terbanyak pada Rapat Pemilihan Pimpinan KY yang digelar di Auditorium Gedung KY RI, Jakarta, Senin.


Amzulian Rifai terpilih menjadi Ketua Komisi Yudisial (KY) Paruh Kedua Periode Juli 2023-Desember 2025 

"Dengan demikian, calon Ketua KY terpilih berdasarkan suara terbanyak adalah Amzulian Rifai dengan jumlah perolehan suara lima," kata Ketua KY Paruh Pertama Januari 2021–Juni 2023, Mukti Fajar Nur Dewata selaku pimpinan rapat.


Sementara itu, Siti Nurdjanah terpilih menjadi Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Paruh Kedua Periode Juli 2023-Desember 2025 yang mendapat empat dari total tujuh suara yang diberikan anggota KY.


"Setelah dihitung, maka telah terpilih calon Wakil Ketua KY berdasarkan suara terbanyak adalah Siti Nurdjanah dengan jumlah perolehan suara sebanyak empat suara," ujar Mukti.


Rapat Pemilihan Pimpinan KY ini dihadiri oleh tujuh anggota KY. Semua anggota KY tersebut berhak mencalonkan diri sebagai ketua atau wakil ketua KY yang baru.


Adapun pemilihan ketua dan wakil ketua KY dilakukan dalam dua tahap, yakni dimulai dengan pemilihan ketua dan dilanjutkan dengan pemilihan wakil ketua.(Ant)