Minggu pagi (4/6/2023), sebanyak 30 santri peserta rombongan kafilah Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) resmi di lepas pemberangkatannya oleh Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang melalui Kasie PD Pontren H Darip di halaman Kantor Kemenag.

Mereka, siap berlomba menjadi wakil Karawang dalam kompetisi pembacaan kitab dari berbagai fan ilmu bersama wakil kafilah yang datang dari 27 Kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat. 
Foto : Kafilah MQK Karawang Resmi di Lepas Kasie PD Pontren Ke Bandung untuk Berkompetisi di Hotel Sutan Raja Soreang Bandung 4-7 Juni 2023

MQK yang di pusatkan di Soreang Bandung 4-7 Juni 2023, turut di dampingi sejumlah pengasuh pondok pesantren binaan asal Karawang maupun pengurus Forum Pondok Pesantren (FPP) sampai di lokasi kegiatan. 

Beberapa pengasuh dan pendamping pesantren yang hadir antara lain dari Pesantren Miftahul khairot Kecamatan Cilamaya Kulon, Pesantren Al Mushlih Telukjambe Timur, Pesantren Raudhatul Irfan Rawamerta, Pesantren Al Khoer Tegalwaru, Pesantren Raudhatul Burhan Majalaya dan Pesantren Raudhatul Jannah Pusaka Cilamaya Kulon.

"Kementrian Agama mensupport penuh semua peserta MQK Kabupaten Karawang. Kami pesankan, agar kiranya adik-adik santri jaga kesehatan, asah kemampuannya dan semoga lahir juara-juara MQK asal Karawang yang bisa menjadi wakil Provinsi Jawa Barat sampai ketingkat nasional, " Harap Kasie PD Pontren Kemenag Karawang, H Darip.

Pengurus FPP Karawang Ajang Saepul Khiyat berharap, semoga kafilah asal Karawang bisa membawa harum nama Karawang dan melahirkan wakilnya sebagai delegasi tingkat provinsi Jawa Barat. Pihaknya menghaturkan terimakasih atas dukungan dan arahan Kementrian Agama (Kemenag) Karawang juga seluruh stakeholder yang terlibat atas suksesi dan doa restunya bagi para kafilah santri pondok pesantren di Karawang yang saat ini siap berkompetisi dengan berbagai fan ilmu di Hotel Sutan Raja Soreng Bandung.

"Selain Kasie PD Pontren yang melepas dan hadir langsung di pembukaan bersama Wakil Gubernur Jawa Barat  Uu Ruzhanul Ulim di Bandung pada Minggu malam ini, sejumlah pengasuh pesantren, pendamping dan pengurus FPP juga membersamai para peserta untuk memberikan support doa dan semangatnya. Semoga pulang bisa membawa hasil, " Ungkapnya. (Red)