Breaking News
---

Nyebar di 100 Desa, Sebanyak 1.460 Mahasiswa UBP Resmi di Lepas KKN 1 - 31 Juli 2023

Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana melepas langsung 1.460 peserta KKN 2023 UBP Karawang pada Selasa (27/6/2023) di Aula UBP Karawang. Setelah pelepasan secara resmi, para peserta KKN diharapkan langsung mendatangi desa sasaran yang menjadi lokasi KKN.

Foto : Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023 Universitas Buana Perjuangan (UBP) resmi di Lepas

Lokasi KKN 2023 tersebar di 15 kecamatan 100 desa yang berada di Karawang dan Purwakarta. 

Pelaksanaan KKN ini dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 1 sampai 31 Juli 2023. Pelaksanaan KKN ini dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 1 sampai 31 Juli 2023. 

Kegiatan KKN sendiri merupakan salah satu bentuk dari tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Tema yang diusung dalam kegiatan KKN tahun 2023 adalah Gotong Royong Membangun Desa Berkarya dan Berdaya Menuju Tercapainya SDGs Desa.

Kehadiran Bupati Karawang dalam acara Pelepasan KKN sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah terhadap peran mahasiswa dalam membangun desa yang berdaya dan berkarya.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para mahasiswa yang akan melakukan pengabdian mereka di desa-desa. Beliau juga mengajak para mahasiswa untuk terus melanjutkan semangat gotong royong dan memberikan kontribusi nyata dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di desa.

Foto : Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023 Universitas Buana Perjuangan (UBP) resmi di Lepas

Selain menyampaikan diatas, beliau juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa peserta KKN agar selama melaksanakan KKN diharapkan mahasiswa mengedepankan etika dan akhlak ketika berbaur dengan masyarakat.

Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut, Rektor UBP Karawang Prof. Dr. H. Dedi Mulyadi, S.E., M.M., beliau memberikan pesan moral agar mahasiswa dapat menjaga nama baik UBP Karawang selama kegiatan KKN di Desa

“Jika mahasiswa berkunjung ke desa, jangan lupa sowan ke tokoh yang ada di desa baik tokoh pemerintahan desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan lain-lain. Jaga nama baik mahasiswa sebagai insan akademis dan jaga nama baik UBP Karawang,” ucapnya..

Melalui program KKN, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat desa.

Hal ini sejalan dengan tujuan global SDGs yang menekankan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif di semua aspek kehidupan.

Pesan senada disampaikan pula oleh Ketua Pelaksana KKN ‪Dr. Aang Solahudin Anwar, M.Pd‬.

“Mahasiswa sebagai insan terdidik dan akademis agar tetap jaga etika, akhlak, sopan santun selama KKN” ungkapnya.‬‬

Acara Pelepasan KKN ini diisi dengan serangkaian kegiatan, termasuk simbolis penyerahan mahasiswa peserta KKN dari UBP Karawang kepada pihak Pemerintah Kabupaten Karawang. Kegiatan KKN diharapkan tercipta sinergi yang kuat antara mahasiswa, pemerintah daerah, dan masyarakat desa dalam upaya mencapai SDGs Desa yang telah ditetapkan.

Pemerintah Kabupaten Karawang akan terus mendorong dan mendukung mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan desa, serta menjalin kerjasama yang erat untuk mencapai perubahan yang berkelanjutan dan inklusif di seluruh wilayah. (rls/rd).
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan