Pejabat Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat monitoring pemeriksaan hewan qurban jenis doma dan sapi di Karawang jelang Idul Adha dan hari tasyrik 1444 Hijriyah, Selasa (27/7/2023). Didampingi Subkor Kelompok Sub Subtansi Keswan dan Kesmavet Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang, Siti Komalaningsih, para tim dari Pemprov Jawa Barat itu juga menyertakan sejumlah dokter hewan untuk memastikan kelengkapan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) asal Sapi maupun kelengkapan vaksinasi PMK sebanyak 2 kali.


"Hari ini ada monitoring pemeriksaan hewan kurban oleh tim dr dinas ketahanan pangan dan peternakan provinsi Jawa barat, ini merupakan agenda tahunan dimana semuanya chek langsung surat keterangan kesehatan hewan (skkh), karena setiap pemasukan hewan dari luar karawang harus dilengkapi dengan SKKH termasuk anjuran ternak yang dibeli pelapak harus sudab divaksinasi pmk minimal 2 kali, " Kata Siti Komalaningsih saat membersamai Pejabat Dinas Pertanian Pemprov Jawa Barat di Lapak Sapi Quran Ciranggon Jalan Syekh Quro Kecamatan Majalaya. 

Ia menambahkan, pejabat yang hadir diantaranya adalah dua dokter hewan seperti drh Fatia, drh Tine Nurasih dan Pak Budiono. Selain cek kesehatan, mereka juga berdialog tentang harga, asal ternak hingga penjualan perbandingan tahun lalu dengan tahun sekarang, apakah konsumennya meningkat atau menurun. Kemudian, tingkat kebersihan kandang juga di dorongnya supaya dijaga, minimalnya ada desinfeksi.

Foto : Kesehatan Hewan Qurban Jelang Idul Adha Terus di Periksa salahsatunya item SKKH dan Vaksinasi PMK

"pentingna skkh yang ditandatangani oleh dokter hewan berwenang asal ternak terus di tekankan, karena jauh sebelum ternak masuk ke karawang harus sudah dipastikan hewannya sehat, sehingga dapat meminimalisir sebaran penyakit dari luar kabupaten karawang
Karenanya, kita menghimbau ke masyarakat yang akan berkurban, belilah hewan kurban yang sudah berkalung sehat, karena dipastikan telah diperiksa kesehatannya oleh petugas baik dari kabupaten maupun oleh petugas kecamatan yang telah dilatih, " Pungkasnya. (Rd)