Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyambut rombongan Pangdam III/Siliwangi Mayjen. TNI Kunto Arief Wibowo dan Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus di aula PKK Kabupaten Ciamis (22/7/2023).

Foto : Bupati Ciamis dan Kapolda Jabar

Kedatangan Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar di Kabupaten Ciamis merupakan Agenda Kunjungan kerja.

Saat menyampaikan sambutannya, Bupati Herdiat mengungkapkan rasa bahagia atas kedatangan dari Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar.

Bupati Herdiat menyampaikan kerjasama Forkopimda di Kabupaten Ciamis terjalin dengan kolaborasi yang sangat baik.

"Kerjasama yang terjalin oleh Forkopimda di Kabupaten Ciamis ini berjalan dengan sangat baik, dan kerjasama yang dibangun mampu memberikan solusi dan berdampak positif bagi masyarakat," jelas Bupati Herdiat.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan Kodam III/Siliwangi berkolaborasi dengan Polri dalam rangka optimalisasi terhadap program ketahanan pangan. Dimana program ketahanan pangan ini, pihaknya mencoba meluaskan kembali dengan mengolah lahan-lahan yang sudah tidak terkelola dengan baik.

Bupati Sambut kedatangan Pangdam Siliwangi

“Kolaborasi TNI-Polri mencoba membuat alternatif yaitu BIOS, Mesin Sampah dan Kompor Biomass. Mudah mudahan ini bisa membuat nilai lebih yang diperoleh petani,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Kapolda menyampaikan, kegiatan ini bentuk nyata dari sinergitas TNI-Polri plus Pemda.

“Jadi TNI-Polri tetap konsisten membantu sepenuhnya program pemerintah daerah baik di provinsi maupun daerah. Termasuk didalamnya adalah program ketahanan pangan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatangan tujuh Perjanjian Kerja Sama (PKS) yaitu:

1. Nota Kesepakatan antara Pemda Ciamis dengan Kodim dan Polres tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

2. PKS antara Koperasi Kartika Galuh Ciamis dengan Primer Koperasi Kepolisian Resor Banjar tentang Pemasaran Pupuk Cair Formula BIOS 44 DC dan Kompor Biomass Burner

3. PKS antara Kodim 0613 Ciamis dengan Pengadilan Agama tentang Isbat Nikah.

4. PKS antara Koperasi Kartika Galuh Ciamis dengan Koperasi Dewi Sri tentang Pemasaran Pupuk Cair Formula BIOS 44 DC

5. PKS antara Koperasi Kartika Galuh Ciamis dengan Primer Koperasi Kepolisian Resor Ciamis tentang Pemasaran Pupuk Cair Formula BIOS 44 DC dan Kompor Biomass Burner

6. PKS antara Kodim 0613 Ciamis dengan PTPN VIII tentang Pengelolaan Lahan

7. PKS antara Koperasi Kartika Galuh Ciamis dengan Koperasi Produsen Peternak Ayam Petelur Ciamis tentang Penjualan Jagung.(red)