Makin maraknya mabok-mabokan (pesta miras,red) yang dilakoni oleh sejumlah anak muda di Kabupaten Karawang, khusus Polsek Cibuaya terus berusaha secara maksimal juga optimal untuk mencegah dan mengantisipasinya dengan menggelar operasi miras pada malam hari. Dan langkah preventif tersebut merupakan atensi langsung dari pak Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono. Demikian keterangan awal dari AKP Supriatno Kapolsek Batujaya,Polres Karawang, Jabar,(27/6/23).

Sasaran tembak operasi miras adalah untuk mengatasi tidak terjadinya peristiwa atau mencegah mabok-mabokan di wilayah hukum Polsek Batujaya, caranya petugas kami mendatangi kios-kios penjual jamu yang buka di malam hari selain patut diduga ataupun ada yang mencurigakan, jelas AKP Supriatno.

Sasaran operasi berikutnya dari petugas di tempuhnya penyisiran ke tempat-tempat tertentu, atau ada kalanya membubarkan bila ditemukan sejumlah anak muda berkumpul dengan tak jelas juntrungannya (tujuan berkumpul anak yang dimaksudkan tak jelas dan mencurigakan petugas,red), beber Kapolsek Batujaya.

Kapolsek Batujaya AKP Supriatno menjelaskan operasi yang dijalankan merupakan bagian dari patroli presisi karang terpadu yang ditingkatkan, dengan tujuan untuk menekan ataupun meminimalisir peredaran minuman keras atau miras. Karena operasi KRYD sendiri adalah upaya pihak kepolisian di dalam memberantas penyakit masyarakat (Pekat), terutama dalam hal mabuk-mabukan,tandasnya.


“Petugas kami bukan malam ini saja melakukan operasi atau patroli namun secara rutin dan selalu menysisir sejumlah kios jamu di Batujaya, langkah tersebut untuk mengecek dan menyakinkan apakah dari para pedagang jamu itu menjual miras atau tidak?,” Ungkap AKP Supriatno.

“Petugas dalam operasi miras juga sekaligus memberikan teguran ataupun peringatan kepada pemilik kios jamu agar tidak berani atau memaksakan menjual miras oplosan karena sangat berbahaya bagi yang meminumnya,” Terang AKP Supriatno.

Tak hanya itu, petugas pula mengajak masyarakat setempat untuk melaporkan kepada pihak kepolisian apabila mengetahui ada yang menjual miras oplosan di wilayah hukum Polsek Batujaya,Terang Kapolsek AKP Supriatno.

Perwira pertama Polri ini menandaskan diakhir wawancara, operasi miras yang dilakukan bersama pasukannya didasari oleh upaya Polsek Batujaya dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman terkendali.(red/de2).