Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang menggelar Gebyar Literasi Karawang 2023 di Galeri Karawang pada Rabu (26/7/2023).


Pada gelaran tersebut dilaksanakannya berbagai lomba dan kreasi seni dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Karawang. Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut pula terpilih 45 siswa yang telah menghasilkan tulisan dan berhasil membuat 9 buku antologi sebagai rekam jejak pencapaian mereka.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri menuturkan, menjadi anak yang berprestasi tentu harus membangun kecerdasan secara intelektual, kecerdasan emosional, termasuk kecerdasan spiritual ini dibangun dengan berbagai literasi. 

"Oleh karena itu ini salah satu upaya membangun kecerdasan anak anak kita, bisa berekspresi, bisa berkolaborasi dengan literasi," ujarnya.

Ia menambahkan, literasi merupakan wujud dari keterampilan yang secara nyata, yang secara spesifik adalah keterampilan kognitif dari membaca serta menulis, yang terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dari siapa serta cara memperolehnya.

"Semua hal ini merupakan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi yakni membaca, berbicara, menyimak dan menulis dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0604/Karawang, Letkol Kav. Makhdum Habiburokhman memberikan sebuah motivasi kepada siswa yang hadir dengan terus menanamkan budaya literasi sejak dini. Sebab, kemajuan sebuah bangsa harus tertumpu pada literasi yang baik dan menciptkan generasi baru yang cinta terhadap literasi tersebut.

"Makanya nanti tolong pada saat anak-anak membuat atau menulis buku lengkapi juga dengan referensi, ada 5 yang perlu diketahui, yang pertama adalah historikalnya. Apa yuridis formalnya apa teorinya, apa data faktanya apa dan yang terakhir adalah solusinya," jelasnya. (Gi)