Drs H Asim, Pengawas Koorwilcambidik Kecamatan Klari akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (FKKps) Periode 2023-2026. Haji Asim terpilih setelah 6 nama pengawas yang masuk bursa bakal calon ketua KKPS sebelumnya mengundurkan diri dalam Pleno ke II yang di pimpin langsung Ketua Demisioner Asep Iyus Yusuf Ismail, H Parno dan Rukmana S.pd pada Senin malam di Aula Hotel Lembah Ciater, Subang (24/7/2023). 
Foto : Kegiatan Rapat Kerja Forum Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPs) Karawang di Aula Villa Lembah Ciater, Subang, Senin (24/7/2023)


Haji Asip, Ketua baru yang akan nahkodai FKKPS 2023-2026 itu akan menjalankan tugas-tugasnya di Kelompok ini bersama H Eje Arifin S.Pd MA yang merupakan Pengawas Koorwilcambidik Karawang Timur dan Bendaharanya H Empu Saepudin M.Pd yang juga Koorwilcambidik Kecamatan Majalaya. Ketiganya bersama para pengurus baru di rencanakan di Lantik pada Selasa Pagi (25/7/2023) ini. 


Kepada Pelitakarawang.com, Senin (24/7/2023), Drs Asim mengaku bersyukur Alhamdulillah, bahwa Allah SWT menakdirkannya untuk melanjutkan perjuangan Haji Asep Ismail Yusup yang memasuki masa purna bakti sebagai ASM dan juga purna menjadi ketua Forum kelompk kerja pengawas sekolah (FKPPS) 2018-2023.
Foto : Kegiatan Rapat Kerja Forum Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPs) Karawang di Aula Villa Lembah Ciater, Subang, Senin (24/7/2023)

Jujur saja, sambung Asim, dirinya tidak pernah berkeinginan menjadi ketua forum, namun teman-teman pengawas dalam pleno terus mendorong dan mendaulat dirinya untuk mengisi posisi tersebut. 
"Sebagai ASN abdi negara, tentu dengan berbagai kelemahannya, saya bismilah mantapkan diri berniat menjaga amanah atau kepercayaan ini, karena yakin kepengurusan yang kolektif ini juga dilakukan bekerja secara kolektif memajukan kelompok ini, " Katanya. 

Sesuai kepmendikbud Nomor 020/ U/1998 tentang petunjuk teknis dan juklak jabatan fungsional, Pengawas adalah sebagai pns yang diberi tugas dan tanggungjawab serta wewenang untuk melakukan kepengawasan  pada satuan pendidikan melalui pendampingan dan pembinaan serta asessmen secara teknis dan adminitrasi, maka FKKPs baru, sambung Asim memunculkan visi mewujudkan pola dan sistem pengawasan pendidikan yang bertanggungjawab dan mampu mendorong penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas di Karawang.
Sementara Misinya di kabarkan dalam 4 poin, yaitu menjabarkan tugas dan tanggung jawab pengawas sebagai PNS yang diberi tugas melakukan pengawasan pada satuan pendidikan, meningkatkan pola kepengawassan yamg efektif dan efisien, memacu profesionalitas dan pengetahuan yang berkelanjutan, kemudian meningkatkan sistem pengawasan melalui pendampingan dan pembinanaan yang mendorong terciptanya pendidikan yang berkwslitas pada sekolah binaan. 


Yang jelas, tambahnya, beberapa point yang menjadi landasan kedepan adalah bagaimana pihaknya akan melanjutkan program-program Ketua Sebelumnya pak Iyus yang sudah sangat baik, dan dirinya siap menambahkan beberapa point untuk 2 tahun kedepan sesuai masa pensiun. Adapun Visi dan misi tersebut yang pihaknya sebut, adalah tentu harus sejalan dengan fungsi pengawas kekinian, yang bukan saja berpungsi sebagai pemeriksa tetapi lebih mendorong fungsi pengawas yang lebih menekankan pengawas adalah mitra guru dan kepsek  sebagai inovator, motivator, kolaborator, asesor serta konselor.

"Semuanya terangkum melalui pemberdayaan kopetensi jati diri pengawas, antara lain kompetensi, kepribadian, sosial, Superman, Supak, Asesmen pendidikan serta litbang dalam mendorong kegiatan kepengawas yang lebih profesional, " Tutupnya. (Rd)