Kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) masuk dalam peringkat satu di Jumpa, Bakti dan Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) tingkat nasional IX di Lampung Selatan, Lampung.

Foto : Kontingen PMI Jabar

"Alhamdulillah berkat perjuangan, kerja sama dan upaya bersama Kontingen PMI Jabar masuk dalam peringkat satu ke-7 atau 1.7 yang di mana peringkat satu ini dihuni oleh sembilan kontingen," kata Ketua Kontingen PMI Jabar Kombes (Purn) Ruhanda saat dihubungi pada Minggu, (9/7).

Informasi yang dihimpun dari panitia Jumbara di peringkat 1.1 dihuni oleh 1.1 kontingen Jawa Tengah, 1.2 DKI Jakarta, 1.3 Bali, 1.4 Banten, 1.5 Daerah Istimewa Yogyakarta, 1.6 Bengkulu, 1.7 Jawa Barat, 1.8 Gorontalo dan 1.9 Sumatra Utara. Sementara untuk peringkat dua ada 19 kontingen dan peringkat tiga ada enam kontingen.

Masuknya Kontingen PMI Jabar di peringkat satu ini tidak lepas dari bimbingan dan pembinaan yang sudah dipersiapkan oleh PMI Jabar sehingga berbagai ilmu yang telah didapat sebelumnya bisa diaplikasikan dengan baik saat Jumbara berlangsung.

Selama pergelaran Jumbara PMR tingkat nasional ini Kontingen PMI Jabar di bidang Jumpa menjadi juara dua pada kegiatan remaja tangguh, kemudian di bidang Gembira menjadi juara satu pada olah raga persahabatan dan di wahana kepalang-merahan menjadi juara favorit satu.

Selain itu, Forum Remaja Palang Merah Indonesia Jawa Barat terpilih menjadi Koordinator Nasional Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis). Di mana sebelumnya Koordinator Forpis dipegang oleh Forum Remaja PMI Jateng.(Ant).