Camat Jatisari Tri Warakanti S.Stp M.Pd mengapresiasi kegiatan Loka Karya Mini (Lokmin) Puskesmas Jatisari dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, alur dan programnya. Sebab, Indeks Desa Membangun (IDM) salah satu indikatornya adalah Kesehatan, sehingga perlu adanya kesadaran bersama akan pentingnya kesehatan di lingkungan masyarakat agar istilah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, bisa terwujud.

Foto : Kegiatan Lokmin Puskesmas Jatisari

"Masyarakat mesti tahu semua fasilitas yang ada di Puskesmas, kemudian programnya seperti imunisasi dan pencegahan polio, termasuk percepatan vaksinasi anak di sekolah-sekolah. Semua itu muaranya adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan sekolah, " Katanya Kamis (28/7/2023).

Lebih jauh Bekas Sekretaris Camat Telukjambe Barat ini menambahkan, setiap lokmin sudah tentu sejalan dengan program pemerintah daerah, salah satunya adalah meningkatkan trend IPM Karawang agar baik level. Sehingga, jika kesehatan masyarakat yang terarah berarti masyarakatnya memiliki kemampuan produktif dan kreatif. 

Foto : Kegiatan Lokmin Puskesmas Jatisari

"Semoga ini menjadi pemacu bagi masyarakat supaya responsif terhadap kesehatannya dan pencegahan pada gejala-gejala penyakitnya, " Ungkapnya.

Kepala Puskesmas Jatisari, Tatang Muchtar S.Km menyatakan, loka karya mini ini merupakan program rutin puskemas untuk mensosialisasikan program, alur dan pelayanan puskesmas kepada wakil masyarakat, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, kader posyandu, kepala desa maupun koorwilcambidik pendidikan. Perlu di ketahui, sebutnya, Puskesmas Jatisari ini meskipun rehabilitasi gedungnya sempat terhenti dan belum ada kabar lanjutan pembangunannya karena pandemi Covid _19 lalu, namun ruangan yang tersedia dipastikannya masih representatif, karena memiliki ruang rawat (DTP) maupun Poned, bahkan tenaga kesehatannya juga masih lengkap dengan prestasi dokter teladan tingkat kabupaten Karawang. Karenanya, ia berharap, masyarakat dan tokoh bisa di layani di Fasilitas kesehatan Puskesmas ini dengan baik. Karena, selain pelayanan, Puskesmas juga adalah tempat wadah konsultasi dan pemeriksaan kesehatan, karena fasilitas Lab dan Nakes yang cukup baik.

"Semoga kita semua semakin solid, kompak dan berjuang bersama dalam rangka meningkatkan kadar kesehatan masyarakat Jatisari khususnya, " Ungkapnya.

Sementara itu, dr Dede Ridwan dalam paparannya mengatakan, di Puskesmas
Jatisari tersedia lab bagi masyarakat yang ingin cek darah rutin, thypus, urine rutin, tes dahak (Mantoux), sipilis, virus HIV dan Hepatitis, semua biaya tes gratis karena sudah kerjasama dengan BPjs kesehatan. Ia sampaikan, bahwa setiap bulannya, puluhan emak-emak datang ke Puskesmas yang mayoritas memeriksakan gula darah dan hipertensi dan puskesmas juga terbuka untuk melayani pemeriksaan penyakit lainnya. Sebab, sambung dokter Dede, saat ini Kemenkes RI dengan adanya transformasi layanan kesehatan, kedepan penyakit itu akan semakin banyak, maka Puskesmas akan menjadi FKTP yang paling terdepan dengan masyarakat. 

"Program vaksinasi anak SD kelas 5 dan 6 yaitu HPV akan segera di lakukan, kemudian pencegahan diare lewat Rotavirus Vaccine (RV) bagi anak dan juga program lainnya segera bergulir, untuk itu kita memohon dukungan dan kerjasama semua pihak dan sampaikan dasar, regulasi dan manfaatnya dari lokmin ini kepada masyarakat, " Ungkapnya. (Rd)