Semula dikabarkan, sedikitnya 25 siswa/i SMKN 1 Purwasari di kabarkan kesurupan masal saat agenda MPLs Jumat malam, (21/7/2023).
Foto : Lokasi Perkemahan SMKN I Purwasari (Foto milik Polsek Purwasari)

Dari total 253 siswa baru, beberapa siswa bertumbangan dengan teriakan dan tangisan mendadak sekitar bakda isya atau mulai pukul 19.30 Wib atau menjelang di mulainya kegiatan kepramukaan malam api unggun yang biasa di sebut Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan di isi materi-materi organisasi kepanduan.
Foto : Lokasi Perkemahan SMKN I Purwasari (Foto milik Polsek Purwasari)


Tak pelak, kampus SMK Negeri yang berlokasi di Desa Karangsari itu, menjadi tegang dan di liputi rasa kecemasan, karena siswa yang kesurupan jumlahnya mencapai 25 orang hingga membuat panitia Mpls dan pihak sekolah, sedikit kewalahan hingga akhirnya memulangkan satu persatu siswa yang alami kejadian tersebut.
Foto : Lokasi Perkemahan SMKN I Purwasari (foto milik Polsek Purwasari)

Kapolsek Purwasari Iptu Hasian Sibarani, saat dikonfirmasi peristiwa yang ada diwilayah tugasnya," Iptu Sibarani menyebutkan bahwa pihak sejak acara pembukaan hingga penutupan dipantau terus, bahkan saat terjadi peristiwa anggota kami berada dilokasi kejadian,"tandasnya,Sabtu, (22/7/23).

Untuk saat ini dari 25 siswa yang mengalami kesurupan sudah normal kembali dan berada di rumah masing-masing, tambah Kapolsek Purwasari.

Foto : Salah satu peserta didik yang alami kesurupan..Saat ini SDH pulang kerumahnya (Foto milik Redaksi Pelita Karawang).

Masih kata Kapolsek, pasca kejadian kesurupan kegiatan api unggun langsung ditutup dan malam itu pun keadaan sekitar lokasi aman terkendali.

Keterangan Kapolsek Purwasari dibenarkan oleh Kasie Trantib Purwasari, Dede Ilyas. Ia mengatakan, akibat kejadian kesurupan masal, para siswa yang terdampak, di perbolehkan pulang, sementara kegiatan kepramukaan dan MPLS tetap berlanjut dengan meniadakan kegiatan yang membuat kebisingan tersendiri.

"Acara di tutup pada Sabtu jam 08.00 Wib pagi, sementara siswa yang kesurupan semalam langsung di pulangkan, " Ujarnya.

Ditempat terpisah, Camat Purwasari Muhana mengatakan, ada sebanyak 25 siswa mengalami kesurupan massal saat acara MPLS.PL Para siswa itu mendadak kesurupan saat acara berlangsung. Atas kejadian itu, pihak sekolah memanggil orang yang faham agama untuk menormalkan kembali peristiwa yang menimpa para siswa tersebut.

"Semalam kemahnya tetap lanjut, tapi acara-acaranya dihentikan, enggak ada kegiatan yang berisik gitu," jelasnya. (Rd/red).