Breaking News
---

APAR Wajib Di Mobil, Masyarakat Jadi Sadar

Alat pemadam api ringan (APAR) kini menjadi salah satu benda wajib yang ada di mobil. Kondisi ini mendorong masyarakat sadar akan pentingnya ketersediaan APAR di mobil untuk mengantisipasi kebakaran.(14/8/23).

Regulasi APAR wajib ada di mobil tertuang di Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang sudah disahkan pada 18 Februari 2020.Dalam aturan tersebut mengenai syarat wajib adanya APAR dijelaskan pada pasal 2 ayat 2, 3, dan juga ayat 4.

Pada pasal 2 ayat (2) disebutkan “Kendaraan bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, 02, 03, dan 04 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan."


Apar Merk Servvo

GM Marketing Servvo, Eky Mery, mengakui masyarakat kini semakin sadar pentingnya APAR. Jika di mobil-mobil di atas tahun 2020 sudah ada APAR, maka kini konsumen mobil mobil yang lebih tua juga mulai melengkapinya dengan APAR.


"Sekarang banyak pemilik mobil di bawah tahun 2020 yang membeli APAR. Ini sangat bagus karena kesadaran mereka akan keamanan di kendaraan menjadi penting," ujar Eky Mery pada Sabtu (12-8-2023) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Dia menyebutkan untuk konsumen yang membeli untuk di mobil bisa membeli VE-EX, APAR berukuran 1 kg. VE-EX banyak digunakan di mobil-mobil keluaran tahun 2021 hingga sekarang.

“Keunggulannya cukup panjang. Jadi jika berbicara SNI tersebut, karena sudah menempuh proses kaji dan proses lab, maka kualitas atau kekuatan dalam memadamkan api tentu sudah diuji oleh praktisi kebakaran,” jelas Eky Mery.

Sementara itu, alat pemadam api mobil yang dirilis oleh Servvo ini juga telah dibekali dengan kandungan yang lebih besar di antara beberapa produk serupa di pasaran. Hal ini tentu akan berpengaruh saat digunakan dalam memadamkan api secara tepat dan cepat.

“Servvo ini memiliki kandungan powder 90 persen, dan ini jadi yang lebih besar dari produk lainnya. Pengaruhnya bisa memadamkan api dengan cepat,” tambah Eky Mery.

Terkait penggunaannya, apabila dalam keadaan darurat pemilik mobil harus memperhatikan terlebih dahulu perihal instruksi yang ada di tabung alat pemadam api mobil tersebut.

Pada permukaan tabung, ada instruksi terkait penggunaan dan hanya mengikuti petunjuk yang dituliskan dengan angka 1 dan angka 2. Hal ini menandakan bahwa alurnya harus sesuai dengan nomor yang tertera.

Sementara terkait harga yang ditawarkan untuk produk Servvo ini, selama pameran GIIAS 2023, mereka memberikan potongan harga di mana pengunjung hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp550 ribu.(medcom).

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan