Para Pengawas PAI secara umum harus memilik dasar sasaran kerja (kinerja,red) meliputi moderasi beragama, kebersamaan umat, dan integrasi data.(7/8/23).

Foto : H. Anang Suryana

Karena diketahui Pengawas PAI memilik tupokasi dasarnya yaitu menyusun program kepengawasan, pembinaan, pembimbingan, pengembangan profesi guru, pemantauan standar nasional, penilaian hasil pelaksanaan kontrak, dan pelaporan, (06/8/23).


Namun sejauh ini di Kabupaten Karawang sebagai bentuk aplikasi dari kinerja dan fungsi Pengawas PAI secara umum belumlah terasakan secara utuh bahkan terkesan kumaha aing, baik program sebagai individu, kajian pengawas, maupun program kelompok kajian pengawas. Terlebih lagi untuk kinerja dan tupokasi PAI sangat masih jauh dari harapan dan kehadirannya (Pengawas,red) pun di nilai oleh publik masih sumir.


Dimungkinkan semua ini akibat dari minimnya kompetensi yang dimiliki oleh " Pengawas PAI " , seperti dari bidang akademi, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan potensi sosial yang belum terpenuhi total.


Seharunya seorang "Pengawas PAI" ...Selengkapnya