Sadarkah kalau ada banyak kebiasaan merusak mata yang kerap dilakukan tiap hari. Banyak masalah mungkin muncul sebagai akibat dari menjalani gaya hidup yang tidak sehat. Namun, efek pertama hanya terlihat oleh mata kita. Kamis (11/8/23).

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa merusak mata yang kita tidak sadari, dilansir dari cnnindonesia.com:

1. Kelamaan menatap layar

Gangguan siklus tidur yang teratur dan masalah mata kering yang terus-menerus adalah dua masalah utama akibat kelamaan menatap layar.

Saat menggunakan komputer, manusia berkedip lebih sering daripada yang direkomendasikan sekali per empat detik kira-kira setiap delapan sampai sepuluh detik.

Meskipun perbedaan itu mungkin tampak tidak penting, berkediplah yang membuat mata kita tetap terlumasi. Ketegangan mata diakibatkan oleh gejala mata kering, yang disebabkan oleh pelumasan mata yang tidak memadai. Batasi waktu layar dan kacamata pelindung sinar biru telinga Anda saat Anda menatap layar.

Foto ilustrasi : perempuan sedang bekerja dg layar leptop

2. Merokok

Selain merusak mata, merokok meningkatkan kemungkinan terkena AMD, suatu kondisi mata yang dapat menyebabkan penglihatan menjadi buram.

3. Terlalu banyak obat tetes mata

Meskipun untuk sementara meredakan mata kering, penggunaan yang berlebihan pada akhirnya dapat mengiritasi mata. Tetes mata tanpa resep hanya membuat mata tidak terlalu merah. Yang harus diingat adalah tetes mata tidak benar-benar membantu kesehatan mata. Para ahli menyarankan penggunaan obat tetes mata untuk sementara waktu saja.

4. Tidak memakai sunglasses

Mirip dengan bagaimana radiasi ultraviolet (UV) matahari dapat merusak kulit, hal itu juga dapat mengganggu penglihatan. Ini juga menjadi salah satu kebiasaan merusak mata.

Secara khusus, radiasi UV dapat merusak kornea, lensa, dan jaringan permukaan mata. Dan dari waktu ke waktu, kerusakan tersebut dapat menyebabkan katarak, AMD, dan tumor mata. Selain itu mungkin mengalami sengatan matahari yang sangat parah di mata yang disebut fotokeratitis. Pakai kacamata hitam setiap kali cuaca terik di luar.

5. Pola makan buruk

Pola makan yang buruk menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan mata kita. Beberapa buah dan sayuran, terutama yang kaya vitamin C dan E, seng, dan asam lemak omega-3, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata yang optimal.

Sebisa mungkin, sertakan buah jeruk, minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan makanan laut dalam makanan. Selain itu, hindari makanan yang banyak mengandung garam karena dapat membuat tubuh dehidrasi dan berpengaruh ke mata.

6. Tidak menggunakan make up dengan benar

Kebiasaan merusak mata lainnya adalah saat tidak memakai make up dengan benar. Apa pun yang ditaruh di dekat mata mungkin berbahaya. Ini juga berlaku untuk krim mata, eyeliner, eye shadow, dan maskara Anda.

Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk merias wajah jauh dari garis bulu mata untuk menghindari penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata Anda.

7. Tidak tidur nyenyak

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, depresi, dan penambahan berat badan. Selain itu, kurang tidur menyebabkan mata menderita, beberapa tandanya antara lain kedutan, mata kering, pandangan kabur, dan nyeri.

Pastikan tidur setidaknya tujuh jam setiap malam dan jangan lupa menyimpan ponsel sebelum tidur.

8. Tidur pakai contact lens

Tidur dengan contact lens di mata dapat merusak mata. Itu terjadi karena mata tidak mendapatkan cukup oksigen saat kelopak mata tertutup. Selain itu, memakai lensa kontak saat tidur menghilangkan oksigen yang diperlukan mata kita, yang menyebabkan mata merah, iritasi, dan gatal.

9. Kurang minum

Kebiasaan merusak mata bisa terjadi gara-gara kurang minum. Minum air bisa meredakan ketegangan mata. Asupan air dalam jumlah yang sehat mencegah dehidrasi dan meningkatkan produksi air mata, yang menjaga mata kita tetap terhidrasi. Jadi, minum air putih yang cukup bisa membantu terhindar dari kelelahan mata, gatal, radang, dan kemerahan. (ayu).