Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah menyambut baik dikukuhkannya Situs Cagar Budaya Keramat Batok sebagai bagian wisata religi oleh Pemkab Bekasi (30/7/2023).

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik

Keramat Batok merupakan makam bersejarah tapak Kerajaan Sumedang Larang Kiai Uyut Gabid, seorang ulama Islam yang berlokasi di Desa Jayabakti, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi.

BN Holik menilai Cagar Budaya Keramat Batok tidak hanya menjadi tempat untuk melestarikan warisan budaya yang luhur, namun juga di dalamnya terdapat sarana untuk mengadakan pagelaran budaya, berdirinya sarana melakukan ibadah serta pusat kegiatan syi’ar agama Islam bagi masyarakat sekitar juga pengunjung yang berziarah kesana.

“Ini adalah suatu momentum bagi masyarakat di sekitar sini, bagaimana Keramat Batok ini dapat menjadi tempat dan ajang untuk melakukan pertemuan-pertemuan yang positif dalam rangka turut serta memajukan perkembangan Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.(1/8/23).

Ia juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya pagelaran Kirab Budaya dan Kesenian Yayasan Cagar Budaya Keramat Batok, yang tidak hanya menampilkan kesenian lokal seperti Seni Pencak Silat, Tanjidor, serta Pawai Kirab Budaya, namun juga diisi dengan kegiatan positif lainnya yakni santunan kepada anak yatim.

“Hari ini bukan hanya suatu pagelaran budaya saja, tetapi kita juga melihat adanya santunan anak yatim. Apalagi saat ini masih dalam bulan Muharam, bulan yang mulia. Tentu kita berharap kelak, anak-anak tersebut yang hari ini kita berikan kepedulian, ke depan merekalah yang akan turut serta membangun serta melestarikan budaya di Kabupaten Bekasi,” tegasnya.

Selanjutnya, BN Holik pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bekasi untuk bahu-membahu dalam menjaga serta melestarikan cagar budaya di Kabupaten Bekasi. (Red).