PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus melakukan persiapan di berbagai sisi. Hal ini guna memastikan program uji coba pada masa pra operasi kereta api cepat relasi Jakarta-Bandung dapat berjalan dengan baik.

Foto : Kereta api cepat Jakarta - Bandung

"Sesuai arahan pemerintah, rencananya uji coba pra operasi akan berlangsung mulai awal September 2023. Pada masa tersebut masyarakat dapat mencoba KA Cepat relasi Jakarta-Bandung tanpa dikenakan biaya," ungkap General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 9 Agustus 2023.

Pada masa uji coba gratis tersebut, KCIC akan melibatkan berbagai stakeholder khususnya masyarakat di sekitar trase KA Cepat. Pelibatan warga sekitar trase KA Cepat ini sebagai bentuk apresiasi KCIC atas peran serta dan dukungan masyarakat sekitar trase KA Cepat hingga proses pembangunan KA cepat dapat berjalan lancar.

Selain itu juga akan ada kesempatan bagi masyarakat lainnya yang ingin mengikuti uji coba gratis dengan melakukan pendaftaran secara mandiri.

"Mekanisme dan ketentuan bagi masyarakat yang ingin mengikuti uji coba gratis akan segera diumumkan secara resmi melalui saluran informasi PT KCIC," ungkapnya.

Sertifikasi sarana dan prasarana

Sebagai moda transportasi kereta api cepat pertama di Indonesia maupun di Asia Tenggara, lanjutnya, pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung memerlukan persiapan yang sangat matang.

"Seluruh aspek akan dipersiapkan dengan baik serta mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan kereta api cepat," tegas dia.

Adapun uji coba sarana dan prasarana telah dilakukan dan berjalan dengan lancar. Saat ini KCIC juga terus memastikan seluruh kelengkapan pendukung operasional dapat berjalan dengan baik nantinya saat dioperasikan.

Secara paralel, KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana KA Cepat bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub). KCIC sepenuhnya mengikuti tahapan tersebut dengan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka kelancaran proses sertifikasi.

Seluruh kesiapan baik operasional maupun fasilitas stasiun terus KCIC persiapkan, salah satunya terkait stasiun. "Nantinya saat stasiun mulai melayani penumpang maka dipastikan akses yang tersedia telah siap digunakan," kata Eva menerangkan.(Kus/ayu)