Kebakaran hutan yang menerjang Hawaii terus meluas dan jumlah tewas bertambah 53 orang, pada Kamis (10/8/23) malam waktu lokal.

Foto : Korban Tewas Kebakaran Hutan Hawai

"Seiring pemadaman kebakaran terus berlangsung, ada 17 kematian lagi yang terkonfirmasi di tengah kebakaran yang terus merongrong Lahalna. Ini menambah total jumlah korban tewas sejauh ini menjadi 53 orang," bunyi pernyataan pemerintah wilayah Maul.

Pihak berwenang menuturkan jumlah korban tewas dan terluka kemungkinan masih akan bertambah lantaran kebakaran masih terus meluas dan belum semua area tersisir lantaran ganasnya api.

Sementara itu, lebih dari 14 ribu warga Maul terpaksa mengungsi dan menelantarkan rumah serta harta benda mereka lantaran api terus mendekati wilayah permukiman di wilayah tersebut, seperti dilansir cnnindonesia.

Kebakaran hutan dan lahan ini juga telah melahap sebagian besar Kota Lahalna yang ada di Maul hingga hangus terbakar tak menyisakan apa pun lagi bagi sekitar 13 ribu penduduknya.

Gubernur Hawaii, Josh Green, telah meminta pemerintahan Presiden Joe Biden untuk mendeklarasikan status darurat di wilayahnya itu dan meminta pemerintah pusat di Amerika Serikat untuk membantu penyelamatan.(.)