Penataan jaringan kabel yang semrawut masih menjadi salah satu permasalahan di Kabupaten Karawang.(10/8/23).
Foto : Kabel menjuntai di depan SMAN 1 Karawang

Pemandangan gulungan kabel yang berantakan itu terlihat di beberapa titik di Jalan Jenderal Ahmad Yani Karawang pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Warga sekitar mengeluhkan penataan kabel yang semrawut tersebut karena bisa membahayakan masyarakat atau pengendara yang melintas.

Maman (43) misalnya. Ia mengungkapkan pemandangan kabel semrawut itu sudah berlangsung lama dan tidak dibenahi.

Apalagi rangkaian kabel menjuntai itu berada di atas trotoar, sehingga mengganggu aktivitas warga dan bisa membahayakan.

“Mengganggu juga takutnya ada pejalan kaki yang terserimpet dan bisa jatuh. Kita juga gak tau ada aliran listriknya atau tidak. Banyak kabel semrawut di sekitar area ini,” ujarnya pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Dirinya menduga, penataan kabel-kabel yang tidak rapih tersebut disebabkan oleh pengerjaan yang tidak rapih.

Jejen (48), pedagang di sekitar kawasan Islamic Center mengeluhkan hal serupa. Dirinya berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bisa segera merapihkan kabel semrawut tersebut.

Selain takut membahayakan, menurut Jejen, penataan kabel yang berantakan ini sangat tidak elok dilihat, terutama di wilayah perkotaan yang mobilitas penduduknya ramai.

“Takut kena setrum atau kebakaran, apalagi ini di jalan raya. Jangan sampai terkena truk, kendaraan ataupun pejalan kaki. Tentu ingin agar semua ini dirapihkan,” pungkasnya. (*)