Banyak ahli kesehatan menyarankan seseorang untuk selalu menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan. Pasalnya, lebih dari 40 triliun bakteri di dalam tubuh, sebagian besar ada di usus.


Bakteri-bakteri baik terdapat di dalam usus manusia dan berfungsi untuk membantu pencernaan dan metabolisme tubuh. Tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, bakteri baik juga dapat mencegah penyakit jantung.

Ahli gizi, Eli Brecher mengatakan, untuk memiliki usus yang sehat, seseorang perlu mendorong keanekaragaman mikroba. Cara paling mudah untuk meningkatkan kesehatan usus dan saluran pencernaan adalah dengan menyantap jenis makanan yang tepat.

Seperti dikutip dari laman Woman and Home, Kamis (11/8/23), berikut sejumlah makanan yang direkomendasikan dan baik untuk mendukung kesehatan usus:

1. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi mengandung probiotik, yaitu bakteri ramah yang bagus untuk kesehatan usus. Brecher menjelaskan, bakteri baik membantu tubuh dalam banyak hal, sekaligus melawan bakteri jahat saat jumlahnya terlalu banyak dalam tubuh.

2. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak baik dan kaya serat. Penelitian oleh University of Illinois juga menemukan peserta yang makan alpukat setiap hari memiliki mikrobioma usus yang lebih beragam, yang membantu memecah serat dan mendukung kesehatan usus.

Foto : Asparagus

3. Asparagus

Sayuran hijau yang kaya ini kaya akan serat prebiotik alias bahan bakar untuk bakteri probiotik. Tubuh membutuhkan prebiotik dan probiotik dalam jumlah cukup untuk menjaga usus tetap sehat. Asparagus juga merupakan sumber vitamin K yang baik.

4. Biji Chia

Dikenal sebagai makanan super, biji chia menawarkan nutrisi maksimal dengan kalori minimal, belum lagi tinggi protein. Dalam hal kesehatan usus kita, biji chia amat penting karena merupakan serat larut, yang berarti membantu usus bekerja dengan baik.

5. Oat

Oat juga termasuk makanan berprotein tinggi dan rendah kalori. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk mendukung pencernaan, karena mengandung serat larut dan telah terbukti mendukung kesehatan usus dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.(*)