Serai merupakan salah satu rempah dan dipakai sebagai salah satu bahan masakan. Tak hanya masakan, tumbuhan yang berasal dari Sri Lanka dan India ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Foto : rebusan air serai

Salah satunya, air rebusan serai dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol dalam darah. Serai mengandung senyawa pelawan peradangan asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

Peradangan merupakan faktor penyebab banyak kondisi kesehatan yang merugikan di antaranya nyeri, kolesterol, dan penyakit jantung. Karenanya, serai bisa menjadi minuman bermanfaat bagi masyarakat untuk dimasukkan ke dalam diet harian mereka.

Seperti dilansir dari laman Medical News Today pada, Jumat(1/9/23), berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research bahwa mengonsumsi ekstrak serai dapat menurunkan kolesterol pada hewan.

Studi tersebut mencatat bahwa reaksinya bergantung pada dosis. Artinya, serai dalam jumlah lebih banyak dapat menurunkan kolesterol lebih lanjut. Serai secara tradisional digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi dan mengatasi penyakit jantung.

Sebuah studi yang dirilis pada 2007 membantu mendukung penggunaannya untuk kondisi tersebut. Studi tersebut menemukan minyak serai secara signifikan mengurangi kolesterol pada tikus yang diberi diet tinggi kolesterol selama 14 hari.(***)