Persija Jakarta harus rela berbagi poin dengan Persib Bandung pada pekan ke-11 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Sebab, Maung Bandung mampu mencetak gol balasan pada pengujung laga yang membuat pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1.



Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Persija sebagai tuan rumah memang mendapat perlawanan sengit dalam laga bertajuk El Clasico Indonesia ini. Terlebih, setelah mereka terpaksa bermain dengan 10 pemain karena Hanif Sjahbandi kena kartu merah pada menit ke-74.

Selain kehilangan Hanif, Persija juga tidak bisa memainkan winger andalan Riko Simanjuntak secara penuh karena dia mengalami cedera ketika laga baru bergulir lima menit. Namun, Macan Kemayoran sempat unggul lebih dulu lewat gol Marko Simic yang menanduk umpan tendangan sudut Maciej Gajos pada menit ke-14.

Statistik laga menunjukkan, Persib mampu menguasai bola hingga 52 persen dan punya 18 total tembakan di sepanjang laga. Di sisi lain, Macan Kemayoran hanya mampu melancarkan 5 tembakan dan hanya 2 yang mengarah ke gawang. Meski demikian, Maung Bandung baru bisa mencetak gol penyeimbang menjelang laga berakhir.

Gol penyelamat Persib itu lahir dari kaki David da Silva yang menyontek umpan silang mendatar Marc Klok pada menit ke-85. Setelah itu, Da Silva kena kartu kuning karena merayakan gol sambil membuka jersei, sebelum akhirnya pertandingan ditutup dengan skor imbang 1-1.

Hasil pertandingan membuat Persija turun ke posisi 11 klasemen sementara dengan koleksi 14 poin dan memperpanjang tren negatif gagal menang menjadi lima laga secara beruntun. Sementara itu, Persib naik ke posisi delapan dengan kumpulan 15 poin.(***)

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Ardhiyasa, Kudela, Andika, Ridho, Ferarri, Gajos, Matsumura (Pamungkas 82'), Simanjuntak (Fahmi 8'), Abimanyu (Fandi 62'), Hannan (Sjahbandi 62'), Simic.

Persib Bandung: Rustapa, Igbonefo (David da Silva 79'), Kuipers, Sato, Febriansah (Walian 71'), Rudianto, Madinda (Kurnia 71'), Klok, Butuan (Putra 46'), Irianto (Kusnandar 71').