Breaking News
---

BNPB Laporkan Sejumlah Kota Tidak Hujan Dua Bulan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan pulau Jawa tidak terjadi hujan lebih dari 60 hari. Hal ini mengakibatkan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih.

“Ada kabupaten/kota yang menyampaikan tidak hujan lebih dari dua hingga tiga bulan. Jadi sejumlah masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan air bersih,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya melalui youtube BNPB, Senin (11/9/2023).

Menurut Abdul, kondisi kekeringan itu membuat eskalasi bencana kebakaran di Pulau Jawa dapat terjadi. Kebakaran ini terjadi di beberapa Kawasan Pegunungan dalam dua pekan terakhir.

"Padahalnya sebenarnya di Jawa Barat ada 13 kabupaten/kota yang sangat signifikan kekeringan, di Jawa Tengah lebih, setidaknya 18 kabupaten/kota. Di Jawa Timur setidaknya 19 kabupaten/kota yang terdampak kekeringan," ujar dia.

Tidak hanya di Jawa, kata Abdul, Kalimantan Selatan juga melaporkan hari tanpa hujan selama lebih dari dua bulan. Namun, lanjut Abdul, kondisi tersebut masih dapat terkendali dan karhutla dapat tertangani.

“Kejadian banjir masih tercatat di Pulau Sumatera yang letaknya di atas garis khatulistiwa. Hal ini terjadi karena masih menerima kumulatif awan hujan dari fenomena gelombang ekuator yang menyebabkan curah hujan tinggi,” ucap Abdul.

Abdul lantas menyebut daerah di Sumatera yang masih dilanda banjir. “Provinsi yang masih melaporkan kejadian banjir di antaranya Aceh, Sumatera Barat, dan Riau. ,” lanjut Abdul.(**)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan