Breaking News
---

Comisioning Unit Ke 2 Timbulkan Getaran Ke Jendela Warga, LSM F12 Kecam Pihak PLTGU Jawa 1

Untuk kali ketiga, commisioning kembali dilakukan di area kontruksi PLGU Jawa 1 Desa Cilamaya Kecamatan Cilamaya Wetan dan membuat geram masyarakat sekitar. Pasalnya, suara bising dan bergemuruh kembali terjadi dan mengagetkan masyarakat sekitar, bahkan suara lazimnya pesawat helikopter itu, hingga menimbulkan getaran di kaca-kaca jendela rumah warga.
Kondisi ini, dianggap mengganggu dan menimbulkan kecemasan, karena beberapa masyarakat mengaku proses commisioning ini tanpa sosialisasi menyeluruh .

Foto : Proses Comisioning tes unit 2 PLTGU Jawa 1 di Kecam Warga Cilamaya Lantaran Menimbulkan Kebisingan dan Kecemasan Warga

"Ada sekitar pukul 21.00 Wib dengan durasi sekitar 3 menit 29 detik. Itu membuat warga takut dan khawatir, apalagi getarannya di rasakan di jendela-jendela kaca warga sekitar. Bagaimana kalau ada yang sedang sakit dan tidur pulas terganggu? Apakah pihak PLTGU Jawa 1 dan mitranya tidak mempertimbangkan resiko lebih dalam soal ini? " tanya sekjen DPP F12 Adi Akew Ismaya kepada pelitakarawang.com, Senin (5/9/2023). 

Adi menambahkan, suara gemuruh commisioning hingga getaran yang luar biasa yang ikut berdampak pada kecemasan warga. Dirinya, selaku Sekjen F12 mengecam keras kepada pihak PLTGU dan mendukung penuh keluhan masyrakat cilamaya. Jangan ragu bersuara jika merasa terganggu dan cemas, sementara sosialisasi dan pemberian pemahaman kepada masyarakat, begitu rendah di sampaikan pihak PLTGU dan JSP kepada warga.

"Bisa ngebayangin ada yang sakit di rumah denger begituan, sudah cemas dan mempengaruhi kondisi fisiknya. Heran saja saya mah, kan ada Humas nya, apakah cukup dengan minta maaf setia kali commisioning ?" Sesalnya. 

Sementara itu, External Affair PT Jawa Satu Power, Tig Julianto mengatakan, 

Untuk yang semalam itu adalah Commisioning / uji coba test unit 2. Soal kebisingan yang kembali membuat warga cemas. Sampai berita ini ditulis, yang bersangkutan belum memberikan balasan. 

"Itu Comisioning test unit 2 kang, " Ujarnya. 

Sebelumya, saat comisining pertama, pihaknya mengaku sudah menyampaikan kepada warga lewat grup WA dan sudah disampaikan. Ketika proses commissioning dan pengetesan selesai, akan seperti Unit 1 sekarang yang anteng dan alus. Bisa dilihat unit 1 yang sudah selesai proses commissioning, suaranya halus. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan