Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan wajah baru Alun-alun Ciranjang hasil revitalisasi. Tak hanya itu pembangunan Pasar Ciranjang tahap dua yang telah selesai juga diresmikan sekaligus penataan obyek wisata Gunung Padang. (1/9/23).

Foto : Ridwan Kamil

"Hari ini tiga proyek kita resmikan, Alun-alun Ciranjang, penataan pariwisata di Gunung Padang, dan Pasar Ciranjang tahap dua," ujar Ridwan Kamil, Kamis (31/8/2023). 

Alun-alun Ciranjang yang direvitalisasi menggunakan APBD Jabar berdiri di atas tanah seluas 4.850 meter persegi itu kini memiliki fasilitas jogging track , plaza, gedung serbaguna, playground, dan perpustakaan mini. 

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menuturkan, penataan Alun-alun Ciranjang adalah komitmennya sejak tiga tahun lalu. Saat itu Kang Emil sedang melintas di Alun-alun Ciranjang yang terlihat semrawut. 

Ia kemudian menyampaikan komitmennya kepada Bupati Cianjur akan menata Alun-alun Ciranjang. 

"Dulu saya melewati tempat ini agak riweuh , terus saya bilang ke Bupati Cianjur sebagai tanda cinta Gubernur untuk warga Ciranjang, kita bikinkan alun-alun, sekarang sudah selesai," tutur Kang Emil. 

Sementara itu pembangunan Pasar Ciranjang tahap dua memiliki 296 kios. Sebelumnya di tahap satu berjumlah 100 kios. Pembangunan Pasar Ciranjang tahap dua seluas 2.716 meter persegi ini didanai pula oleh APBD Jabar. 

"Dulu saya resmikan tahap satu 100-an, tahap dua sebanyak 290-an kios untuk kenyamanan pegagang di Ciranjang," ujar Kang Emil. 

Adapun penataan obyek wisata budaya Gunung Padang juga dibiayai oleh dana APBD Jabar. (red)