Breaking News
---

Kendaraan Roda Empat Lebih Banyak Lakukan Uji Emisi

Kendaraan yang ikut uji emisi didominasi kendaraan roda empat jika dibandingkan roda dua. Hal itu disampaikan, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati. 

“Sampai hari ini tercatat ada 1 juta kendaraan roda empat yang sudah melakukan uji emisi. Sementara untuk kendaraan roda dua ada di angka 101.660," kata Ani saat dikonfirmasi, Sabtu (9/9/2023). 

Lebih lanjut, Ani mengatakan ada 333 bengkel yang melayani uji emisi untuk kendaraan roda empat. Kemudian, sebanyak 107 bengkel yang melayani uji emisi untuk kendaraan roda dua.  

Sementara, keterbatasan bengkel menjadi faktor rendahnya uji emisi kendaraan bermotor. Hal itu diungkapkan Kepala Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Erni Pelita Fitratunnisa. 

"Jadi betul, roda dua jumlahnya lebih banyak yang beredar di Jakarta. Tapi ketersediaan bengkel uji emisi untuk roda dua masih terbatas," kata Erni. 

Saat ini, menurut Erni, pihaknya terus berupaya untuk menambah jumlah bengkel yang melayani uji emisi sepeda motor. Masyarakat dapat uji emisi di Sudin Lingkungan Hidup di wilayah Jakarta untuk kendaraan roda dua dan roda empat.   

“Kami terus perluas jangkauan layanan uji emisi demi kesehatan udara di Jakarta. Pemprov DKI bekerja sama dengan Astra menggelar uji emisi gratis mulai 4 September hingga 31 Desember 2023," ucap Erni. (***)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan