Breaking News
---

Nadiem Sebut Dukungan Pemda Tentukan Keberhasilan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan pentingnya otonomi bagi perguruan tinggi. Dia menyatakan, Merdeka Belajar terus memperkuat hal tersebut.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim

 "Saat ini itu yang terus kita upayakan lewat Merdeka Belajar. Kita upayakan otonomi untuk institusi perguruan tinggi," kata Nadiem.

Menurutnya, berbagai ragam kebijakan Merdeka Belajar juga memiliki otonomi. "Dari 26 Merdeka Belajar yang kami luncurkan, 10 di antaranya berkaitan langsung transformasi perguruan tinggi," kata Nadiem, menjelaskan.

Salah satunya yakni, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di mana ratusan ribu mahasiswa telah menjalani program tersebut. "MBKM yang saat ini diikuti 700 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia," katanya, menyebutkan.

Nadiem memastikan, akan terus menjaga kolaborasi perguruan tinggi dengan pemerintah daerah. Dia berkomitmen dapat mengambil bagian dalam kolaborasi tersebut untuk memperkuat MBKM.

 "Kemerdekaan yang didukung otonomi daerah merupakan kunci untuk mengakselerasi pendidikan kita. Tugas kita memastikan keberlanjutan dari program yang kita dorong ini," ujar Nadiem.

Nadiem berharap, MBKM mampu menelurkan berbagai inovasi dari perguruan tinggi. Sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat.(**)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan