Breaking News
---

Ngeri Banget Banyak ASN Miliki Kartu Anggota Parpol

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengungkapkan, banyak ASN/PNS yang memiliki kartu tanda anggota partai politik (parpol). Kepemilikan kartu anggota parpol tersebut, sering ditemui KASN di daerah-daerah.

Foto ilustrasi PNS sedang berbaris

"Perlu diantisipasi, kepemilikan kartu tanda anggota parpol oleh ASN. Ada ASN punya kartu tanda anggota parpol tanpa sempat melakukan pengunduran diri sebagai ASN," kata Asisten KASN Pengawasan Penerapan Nilai Dasar Kode Etik Kode Perilaku dan Netralitas ASN, Ilham Firman, Kamis (14/9/2023).

Jelang Pemilu 2024, Ilham mengungkapkan, jumlah ASN di Indonesia mencapai 4,3 juta orang. Jutaan ASN itu, terdiri dari pegawai status PNS dan PPPK.

"Ini menjadi sangat krusial, karena kaitannya dengan bagaimana supaya tidak ada diskriminasi. Terhadap pelayanan publik, profesionalitas dan sebagainya," ucap Ilham.

Dalam menjaga netralitas ASN/PNS pada Pemilu 2024, Ilham mengaku, pihaknya membuat langkah-langkah strategis. Diantaranya, dengan cara menggandeng Kemendagri dan Bawaslu RI terkait netralitas ASN?PNS

"KASN bersinergi dengan pekerjaan lembaga terkait seperti Kemendagri dan Bawaslu. Karena masing-masing dari instansi tersebut memiliki kewenangan yang dapat mengintervensi gaji pejabat bina kepegawaian kepala daerah," ujar Ilham.(***)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan