Sekda Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi membuka Grand Final Abang Mpok Kabupaten Bekasi di Gedung Wibawa Mukti, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat, Sabtu (2/9/2023) malam.


Sekda Dedy Supriyadi Buka Grand Final Abang Mpok Kabupaten Bekasi 2023

Pembukaan Malam Grand Final Abang Mpok Kabupaten Bekasi tahun 2023, ditandai dengan pemukulan gong di atas pentas, disusul dengan penampilan video para peserta saat menjalani karantina.

“Ajang pemilihan abang mpok bukanlah sekedar ajang kontestasi kecantikan ketampanan dan pencarian bakat biasa. Abang mpok dituntut menjadi duta pariwisata, budaya, lingkungan hidup, pendidikan dan anti narkoba bagi kabupaten bekasi,” kata Dedy.

Tidak hanya itu, abang mpok juga diharuskan memiliki tiga aspek utama dalam mendukung aktivitasnya dalam mengemban tugasnya nanti. Tiga aspek tersebut yaitu, kecerdasan, keindahan dan tingkah laku yang bisa diteladani oleh setiap generasi muda sehingga betul betul menjadi yang terbaik dan terpilih menjadi abang mpok kebanggaan Kabupaten Bekasi tahun 2023.

“Generasi muda yang berpartisipasi dalam pemilihan ini merupakan perwujudan dari semangat kepemudaan yang penuh dedikasi dan energi. Kalian adalah harapan, Kabupaten Bekasi, melalui ajang ini kalian diberikan kesempatan untuk memberikan kontribusi nyata dalam memajukan Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Dirinya berpesan kepada seluruh finalis Abang Mpok tahun ini, agar ketika terpilih harus menunjukkan memang pantas dan dapat mewakili Kabupaten Bekasi di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

“Untuk itu, tingkatkan terus pengetahuan dan keterampilan abang dan mpok dengan disiplin dan rasa tanggung jawab yang besar sebagai abang dan mpok Kabupaten Bekasi yang peduli pada masyarakat, artinya menjadi teladan bagi generasi muda lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan, 30 finalis akan tampil di Grand Final Abang Mpok Kabupaten Bekasi tahun 2023.

Adapun tujuan Pemilihan Abang Mpok tahun ini untuk mengukur dan meningkatkan keterampilan dalam melestarikan, mengenal dan mempromosikan citra potensi wisata dan budaya Kabupaten Bekasi di kalangan generasi muda.

“Aalhamdulillah tahun ini Kabupaten Bekasi sangat sarat prestasi untuk Abang Mpok. Pertama, adalah Juara Mojang Jawa Barat tahun 2023. Lalu kedua, kita juga meraih Jajaka ketiga Jawa Barat. Terkait wisata, kita juga menjadi juara duta pariwisata Jawa Barat. Yang nantinya, akan mewakili Jawa Barat pada event pemilihan mojang pariwisata tingkat nasional,” katanya.

Tahapan Pemilihan Abang Mpok Kabupaten Bekasi tahun 2023 dimulai sejak dua bulan lalu. Yang diawali kegiatan road show dan sosialisasi.

Kegiatan pemilihan Abang Mpok Kabupaten bekasi, diikuti sebanyak 450 peserta. Yang mewakili dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Hari ini, terpilih 30 finalis abang mpok, yang akan tampil pada malam ini,” ucapnya.

PJ Bupati Bekasi

Sementara Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan hadir secara virtual di acara Malam Final Pemilihan Abang Mpok Kabupaten Bekasi tahun 2023 di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat, Sabtu (2/9) malam.

Acara Pemilihan Abang Mpok yang digelar Disbudpora Kabupaten Bekasi ini telah menyaring 30 finalis terbaik dari 450 peserta yang mewakili 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi. Sebelumnya, para peserta sudah melalui berbagai tahapan selama proses karantina.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, dalam sambutannya berpesan kepada para finalis Abang Mpok tahun 2023, untuk menunjukkan kemampuan terbaik dan bisa mewakili Kabupaten Bekasi di level yang lebih tinggi, baik di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

Namun demikian, Dani menekankan, yang lebih penting dari itu adalah sebagai duta- duta anak muda Kabupaten Bekasi harus terus meningkatkan pengetahuan keterampilan dan karakter. Menjadi Abang mpok yang penuh disiplin, punya rasa tanggung jawab yang besar terhadap lingkungan, masyarakat, diawali tanggung jawab pada diri sendiri dan keluarga.

“Karena, sebagai Abang dan Mpok Kabupaten Bekasi, kalian harus peduli terhadap masyarakat dan bisa menjadi teladan bagi para generasi- generasi muda lainnya,” katanya.

Menurutnya, Abang Mpok 2023 adalah generasi baru Kabupaten Bekasi yang punya optimisme, daya juang dan punya kemampuan untuk membuat kondisi dan keadaan masa depan yang lebih baik.

“Kalian adalah calon calon pemimpin di era Indonesia emas tahun 2045 dan untuk itu harus mempersiapkan diri dari sekarang. Segala talenta yang dimiliki, kemampuan keistimewaan, baik fisik pikiran emosi dan terutama sikap dan perilaku agar kalian lebih maju kedepan,” tandasnya.

Dani Ramdan menambahkan, konsistensi penyelenggaraan Abang Mpok patut mendapat diacungkan jempol. Karena, kegiatan ini bisa terselenggara setiap tahun dan sudah menunjukan prestasi membanggakan.

“Alhamdulillah dalam beberapa tahun terakhir ini Abang Mpok Kabupaten Bekasi selalu terpilih dalam ajang Pemilihan Mojang Jajaka Jawa Barat, ini menunjukan bahwa kualitas anak muda Kabupaten Bekasi tidak bisa dianggap enteng,” lanjutnya.

Menurutnya, beban Abang Mpok 2023 sangat besar karena harus bisa menjawab tantangan tradisi juara Kabupaten Bekasi di ajang apapun.

“Di bidang olahraga kita sudah menjadi Juara Umum Jawa Barat, di STW kita runner up, Paskibraka Kabupaten Bekasi juga punya prestasi di tingkat Jawa Barat dan nasional,” ujarnya. (ayu)