GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Ada Varietas Baru, Padi MSP Berkembang Pesat di Indramayu

Kerja keras dan upaya Bupati Indramayu Nina Agustina dalam bidang kedaulatan pangan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Alhasil, berbagai penghargaan pun diraih dalam bidang kedaulatan pangan di Kabupaten Indramayu. Bahkan di bawah kepemimpinannya, Kabupaten Indramayu ditetapkan kembali sebagai lumbung pangan nasional.

Foto : Bupati Indramayu

Aji Saptaji, perwakilan keluarga Surono Danu, peneliti sekaligus penemu varietas padi Mari Sejahterakan Petani (MSP) mengapresiasi gebrakan Bupati Nina Agustina. Menurutnya, sejak memimpin Indramayu dari tahun 2021 lalu, Nina Agustina langsung ikut serta mengembangkan padi MSP ke para petani di sana. 

"Terima kasih kepada ibu Bupati Indramayu Nina Agustina 
membantu mengembangkan terus padi MSP bersama di Indramayu," ujar Aji pada Senin (2/10/2023).

Menurut Aji, padi MSP masuk ke Indramayu sejak tahun 2011. Namun belum menjadi andalan petani di sana.

"Nah ini berkembang setelah Bu Nina Agustina menjabat, baru MSP ini berkembang pesat di petani Indramayu," ucap Aji.

Tak hanya itu, dalam menjaga kedaulatan pangan, Nina Agustina berhasil menjaga Lahan Sawah yang Dilindungi (LSD) dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Indramayu. 

"Bupati Nina Agustina juga berhasil menjaga lahan pertanian agar tidak terjadi alih fungsi lahan. Ini penting  karena petani mau tanam di mana kalau tidak ada lahan," tutur Nina.

Namun, lanjutnya, upaya Bupati Nina Agustina ini perlu mendapat dukungan dari dari DPR RI dan pemerintah pusat.

"Kalau lahan sudah siapkan Bu Nina, tapi kan butuh infrastruktur dan lainnya. Karena itu perlu dukungan dari pemerintah pusat," katanya

Karena itu, kerjasama pemerintah daerah dan pemerintah pusat dibutuhkan untuk agar kedaulatan pangan di Kabupaten Indramayu terus terjaga.(*)

Komentar0