Breaking News
---

Anda Jangan Mandi Saat Berkeringat Begini Alasannya

Cuaca akhir-akhir ini terasa sangat panas, dan mandi mungkin jadi salah satu cara menyiasati hawa panas tersebut. Tetapi anda yang sering melakukan itu harus hati-hati, karena akan mengganggu kesehatan.

Mandi Saat Berkeringat Tidak Disarankan, Begini Alasannya

Walaupun sebenarnya, cuaca yang panas memang membuat tubuh mudah gerah, inilah yang menyebabkan kulit terasa lengket. Karena merasa tidak segar dan kotor, anda jadi ingin mandi berkali-kali.

Merangkum berbagai sumber, mandi ketika cuaca panas, dan berkeringat itu ternyata tidak disarankan. Hal itu karena dapat mengganggu fungsi kelenjar keringat dan menurunkan kinerjanya.

Jadi sebaiknya, tubuh didinginkan terlebih dahulu hingga suhunya jauh lebih normal. Karena saat suhu tubuh meningkat, pori-pori kulit akan terbuka, dan mengeluarkan cairan keringat sampai suhu tubuh kembali normal.

Sebab suhu tubuh yang panas juga biasanya terjadi setelah olahraga. Sebaiknya setelah berolahraga anda beristirahat dulu dan tidak boleh langsung mandi.

Jika kulit didinginkan secara tiba-tiba dengan mandi, pengeluaran panas tubuh dapat terhambat. Sebaiknya tunggu selama 20-30 menit sampai keringat kering dan suhu tubuh kembali normal sebelum mandi.

Sebenarnya tidak masalah jika anda mandi lebih sering saat cuaca panas, tetapi sebaiknya waktu mandi dipersingkat. Sebab, mandi terlalu sering bisa membuat kulit tubuh dan wajah jadi lebih kering.

Pada kondisi ekstrem, hilangnya kelembapan bisa memicu inflamasi dan eczema di musim kemarau. Jadi, sebaiknya waktu mandi saat cuaca panas sebaiknya dipersingkat menjadi empat hingga lima menit.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan