Breaking News
---

Bapanas Pastikan Tak akan Cabut HET Beras

Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan tidak akan mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET) beras. Karena, dari situlah pemerintah dapat memantau perkembangan harga beras di pasaran.

Foto : Beras Bulog di Pasaran

"Kalau kita cabut nanti kita tahu bahwa harga beras tinggi atau rendah itu darimana. Sehingga HET tidak dapat dicabut," kata Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, Jumat (6/10/2023). 

Arief menjelaskan, HET beras telah dihitung berdasarkan harga pokok produksi dan berbagai biaya yang keluar sampai akhirnya menjadi beras. Bahkan dalam perhitungannya, Bapanas turut melibatkan berbagai pihak. 

Oleh karena itu, lanjutnya, yang harus didorong adalah produksi padi nasional. Sementara di sisi lain, pemerintah menyiapkan cadangan pangan untuk mengintervensi jika harga mengalami gejokak.

"Kita kan sudah hitung sama-sama. Jadi maksud saya, menurut hemat saya yang harus dibenerin adalah meningkatkan produksi," ujarnya.

Diketahui, terhitung 15 Maret 2023 pemerintah resmi menaikan HET komoditas beras. Untuk HET beras medium, zona 1 Rp10.900, zona 2 Rp11.500, zona 3 Rp11.800. Kemudian untuk beras premium, zona 1 Rp12.900, zona 2 Rp14.400, dan zona 3 Rp14.800.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan