Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyerukan masyarakat Indonesia untuk berdonasi sebagai bentuk solidaritas kepada warga Palestina. Donasi bisa diserahkan kepada Baznas atau Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di seluruh Indonesia.

Baznas RI Ajak Masyarakat Berdonasi Membantu Palestina
Baznas RI Ajak Masyarakat Berdonasi Membantu Palestina

Menurut Ketua Baznas RI, Noor Achmad, Baznas berkomitmen membantu warga Palestina yang saat ini menderita akibat serangan Israel. "Targetnya kita bisa mengumpulkan donasi hingga Rp12 miliar yang dikumpulkan melalui Baznas dan LAZ seluruh Indonesia," kata Achmad dalam jumpa pers di Kantor Baznas, Jakarta, (30/10/2023).

Menurut Achmad, saat ini donasi yang terkumpul akan dikirimkan untuk membantu memenuhi kebutuhan mendesak yang diperlukan masyarakat Palestina. Seperti bahan makanan, makanan bayi dan anak-anak, obat-obatan, selimut dan sebagainya.

Namun, Ahmad menegaskan, donasi ini bukan hanya untuk membantu kebutuhan saat ini saja. Juga untuk membantu pemulihan Palestina bila perang berakhir.

“Seperti untuk membantu memulihkan rumah sakit, masjid, sekolahan dan sarana umum lain yang dibutuhkan masyarakat Palestina. Karena serangan Israel ini sudah merusak semua fasilitas dan sarana tersebut,” ujar Ahmad.

“Baznas mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina. Dimana saat ini masih berada di bawah serangan Israel,” ucapnya.

Sementara, untuk mekanisme donasi, Baznas akan bekerja sama dengan mitra Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan mitra pengumpulan perorangan. Seperti lembaga kemasyarakatan, komunitas, majelis taklim, masjid dan sebagainya.

“Kami melakukan kampanye penggalangan dana untuk Palestina. Melalui berbagai media, online maupun offline,” ucap Rizaludin Kurniawan, pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan.

Rizal menyebut, donasi dapat disalurkan melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam. Atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.(*)